Webinar Wawasan Kebangsaan Bagi Kader PKK

PKK DKI terus berperan aktif untuk meningkatkan SDM Kader PKK dengan melaksanakan kegiatan webinar tentang Pemantapan Wawasan Kebangsaan secara tatap layar (10 Juni 2021), materi utama yaitu tentang Bela negara, yang merupakan perbuatan dan tindakan dari segenap warga negara yang didasarkan pada kesadaran berkebangsaan dan upaya rasa kecintaan terhadap tanah air, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara sesuai UUD 1945 pasal 27 ayat 3.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pokja I Tim penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta, yang diikuti oleh Kader Pokja I TP PKK se DKI Jakarta dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta beserta pengurus, Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Bapak Drs. Taufan Bakri dan para narasumber. Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, menyampaikan sambutan pada acara penutupan kegiatan webinar Angkatan ke 2 Tahun 2021, karena Kader PKK akan bergerak menjadi pelopor untuk meningkatkan pengetahuan tentang Pancasila dan wawasan kebangsaan bagi masyarakat dimulai dari keluarga. Kader PKK agar terus dapat berdaya, berkarya dan berdampak bagi masyarakat. Kegiatan ini akan memberikan wawasan kepada kader pkk untuk dapat mencegah dalam menghadapi segala macam ancaman yang dapat membahayakan keutuhan kemerdekaan dan kedaulatan negara serta nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Usaha bela negara sebagai upaya mendukung pemerintah untuk menjunjung dan mewujudkan stabilitas keamanan nasional. disampaikan oleh bapak Fredy Neno S. Sos., M.Si  Kasubid Bela Negara Dipolpum Kemendagri menggantikan Bapak Drajad Wisnu Setyawan, MM Direktur Bina Ideologi, karakter & Wasbang Ditpolpum Kementerian Dalam Negeri.

Empat Konsesi Dasar Negara Republik Indonesia, yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Narasumber dari Badan Kesbangpol Prov DKI Jakarta, Bapak Drs. M. Asyik Noorhilmany, MSI menyampaikan materi tentang Membentuk Keluarga yang berkarakter dan berwawasan Kebangsaan. Dimana peran Kader PKK sangat penting di masyarakat, PKK siap melakukan edukasi kepada masyarakat sebagai di garda terdepan di lingkungan keluarga.

Motivator bapak Hadi Suhandi Saja, menyampaikan bahwa kader PKK harus siap untuk  memberi informasi parenting, informasi tentang pengunaan gaget, informasi tentang narkoba kepada anggota keluarga. Keluarga adalah Pendidikan pertama dan utama

 

 

(Pokja I/DM/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *