TP PKK Kota Adm Jakarta Barat ikuti Lomba PAAR Tingkat Nasional 2020

Kelurahan Semanan sebagai Pemenang Lomba PAAR Tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2019, mewakili Provinsi DKI Jakarta untuk mengikuti Lomba PAAR Tingkat Nasional Tahun 2020. Kegiatan di wilayah Kelurahan Semanan sangat didukung oleh peran serta masyarakat, beberapa CSR serta dari Universitas Podomoro.

Lomba PAAR Sumber: Dok.PKKDKI

Kegiatan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga ini dilaksanakan oleh kader PKK, orang tua dan semua pemangku kepentingan yang berada di Kelurahan Semanan,Kota Administrasi Jakarta Barat.

Kegiatan ini untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas dan bertanggung jawab sehingga potensi anak dapat berkembang secara optimal. Kegiatan ini bertujuan agar orang tua dapat melaksanakan tugas dan fungsinya untuk dapat mendidik, mengasuh, mengasah serta memberikan motivasi dan melindungi dengan penuh cinta dan kasih sayang kepada anak dan remajanya agar mereka cerdas, tangguh dan terampil melalui pola pengasuhan yang baik dari kedua orangtuanya.

Adapun yang menjadi sasaran langsung Kegiatan Pola Asuh Anak dan Remaja Penuh Cinta Kasih dan Sayang dalam Keluarga adalah Keluarga, Orang Tua, Anak dan Remaja

Berapa inovasi yang dilakukan, antara lain merupakan respon dari Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak yang secara eksplisit tertuang di dalam Pasal 2 ayat (1) bahwa, “Anak berhak atas kesejahteraan, perawatan, asuhan, dan bimbingan berdasarkan kasih sayang baik dalam keluarganya maupun di dalam asuhan khusus untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar”.

Sedangkan dampak negatif yang ditakuti adalah gaya hidup yang sangat menonjolkan sifat individualistik dan bebas. Dampak negatif era globalisasi ini lebih cepat diadopsi oleh anak-anak sehingga mereka sangat rentan terhadap pengaruh negatif globalisasi tersebut.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta , meninjau langsung persiapan Kelurahan Semanan, Jakarta Barat, salah satu dengan meninjau Gang Kebanggan yang di juga sebagai percontohan dilingkungan tersebut dengan dibuatkannya gang Mural dan didalamnya anak-anak memanfaatkan permainan diluar rumah seperti ular tangga, congklak dan lain-lain sebagai sarana bermain agar dapat mengalihkan dari permainan menggunakan gadget. Kami titipkan semua ini kepada warga masyarakat agar permainan anak anak ini dapat dimanfaatkan dan lestarikan demikian disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Adm. Jakarta Barat Inad Rustam saat meninjau ke lokasi lomba PAAR Penuh Cinta Kasih dan Sayang dalam Keluarga.

 

(P1/DM/PA).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *