Tim Penggerak PKK DKI Menghadiri Rapat Koordinasi Pengelolaan Posyandu Tahun 2021

Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, menghadiri rapat koordinasi pengelolaan posyandu tahun 2021, dengan tema : Aktualisasi Peran Posyandu mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera  yang dilaksanakan secara tatap layar pada tanggal 31 Mei 2021. Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, menyampaikan tujuan kegiatan untuk meningkatkan peran Posyandu dalam mendukung pencegahan stunting, pencegahan penyebaran Covid 19 dan layanan sosial dasar lainnya. Konsep Pendampingan Keluarga, terdiri dari Bidan, PKK dan Kader untuk melakukan observasi dan menentukan faktor resiko stunting spesifik dan sensitive kepada calon pengantin, ibu hamil pasca persalinan, bayi baru lahir hingga usia 2 tahun, yaitu di 1000 haripertama kehidupan.

Peran Posyandu sangat penting dalam deteksi dini tumbuh kembang anak, Posyandu dapat menjadi tempat dalam pencegahan stunting, peningkatan upaya seluruh masyarakat untuk melakukan pencegahan stunting.

Akan dilakukan Gerakan Bulan Pemantauan Tumbuh Kembang Balita di Posyandu mulai 1 Juni – 30 Juni 2021. Data Hasil pelayanan pada periode 1-25 Juni 2021 tersebut akan diinput ke aplikasi E-PPPGBM (Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) oleh Petugas Kesehatan di puskesmas dan akan terekam secara nasional di Kementerian Kesehatan.

Tanggal 26 Juni 2021 akan dilakukan seremonil pemantauan laporan cakupan layanan Posyandu secara nasional di Jakarta oleh Kepala BKKBN Pusat bersama lintas K/L terkait dan diikuti oleh semua Perwakilan BKKBN propinsi secara virtual. Untuk materi webinar hari ini dapat diunduh melalui https://bit.ly/materirakorposyandu

Ayo Ke Posyandu setiap bulan, sejak lahir sampai usia 5 tahun

Agar dapat memantau pertumbuhan Balita

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *