Tentang TP PKK DKI Jakarta

Tim Penggerak  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Provinsi DKI Jakarta sebagai Mitra kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut berperan dalam mewujudkan “Jakarta yang Maju Kotanya Bahagia Warganya”

 

Gerakan PKK adalah Gerakan dalam bidang pemberdayaan keluarga dan pembangunan masyarakat yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Sasaran utama  Gerakan PKK adalah individu, keluarga dan lingkungan yang merupakan ekosistem dalam kehidupan masyarakat, guna terwujudnya keluarga yang berakhlak mulia, sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan heterogenitas budaya maupun etnis masyarakat di Jakarta  memunculkan banyak problematika atau tantangan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga; mulai dari merebaknya kasus traficking, KDRT, penyalahgunaan Narkoba, HIV AIDS, kenakalan remaja, tingginya angka anak putus sekolah, kekerasan seksual pada anak dan sebagainya

Oleh karena itu penguatan peran dan fungsi keluarga sangat diperlukan untuk memperkuat iman dan taqwa serta membentuk perilaku hidup dan budaya yang positip dalam kehidupan masyarakat seperti : kejujuran, disiplin, saling menghargai dan bertanggung jawab. Gerakan PKK mempunyai peran penting untuk ikut mewujudkan hal tersebut  melalui pelaksanaan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK,  mengimplementasikan 8 (delapan) fungsi keluarga dan juga program lain yang diamanatkan oleh Gubernur terkait pemberdayaan keluarga, perlindungan anak dan pengendalian penduduk.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengamanatkan bahwa PKK perlu memperkuat Gerakan pemberdayaan keluarga dengan penekanan pada pentingnya fungsi-fungsi keluarga sebagai dasar dalam pembangunan karakter bangsa. Pendidikan moral/etika yang dimulai dari rumah oleh orangtua menjadi landasan yang kuat terhadap pembentukan karakter anak sejak usia dini. Oleh karena itu Gerakan PKK harus mampu mendorong para orang tua utamanya para ibu, agar senantiasa berupaya  untuk terus mengembangkan diri dan bisa menjadi pengasuh serta panutan utama dan pertama bagi anak-anaknya.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati, yang juga sebagai pemerhati di bidang parenting ingin menggerakkan setiap orangtua untuk jadi orangtua pembelajar dan orang tua hebat. Hal ini sejalan dengan salah satu fokus program / kegiatan PKK. Dengan latar belakang ilmu di bidang pendidikan anak dan keluarga beliau telah melakukan berbagai aktivitas terkait parenting  jauh  sebelum menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta. Diantaranya aktif mengajak warga sekitar kediamannya untuk belajar bersama tentang pola asuh yang baik bagi anak-anak, menggerakkan generasi muda untuk mulai belajar parenting, melakukan pembinaan orangtua di beberapa wilayah di Jakarta, Tangerang dan sekitarnya, serta menerbitkan buku parenting melalui komunitasnya. Hal ini menjadi bekal beliau dalam merencanakan kegiatan PKK yang bisa berdampak baik untuk kehidupan masyarakat.

Program dan kegiatan Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat serta sejalan dengan program Pemerintah. Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra strategis pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki program- program  prioritas yang manfaatnya diharapkan bisa langsung dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk melaksanakan program -program tersebut Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta juga bekerjasama dengan berbagai pihak yaitu dunia usaha,  swasta, Perguruan Tinggi, Organisasi profesi  dan LSM

Peran , fungsi dan pengabdian Kader PKK Provinsi DKI Jakarta adalah untuk mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, maju dan mandiri. Hal tersebut juga menjadi tujuan dari pelaksanaan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK, khususnya dalam upaya memperkuat administrasi PKK, program kesehatan masyarakat, program ekonomi produktif keluarga, pembinaan anak dan remaja  serta Hatinya PKK.

Salah  satu fokus kegiatan Fery Farhati beserta para Kader PKK meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan keluarga dan kualitas derajat kesehatan melalui perbaikan gizi, kesehatan ibu dan anak yang selaras dengan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK. Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta juga berkontribusi dalam mewujudkan keluarga berkualitas melalui berbagai kegiatan di masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut dikoordinasikan dan dilaksanakan oleh Kelompok Kerja ( Pokja ). Kegiatan yang terkait pola asuh anak dan remaja, penumbuhan nilai-nilai kebersamaan dan pembentukan karakter dilaksanakan oleh POKJA I. Pengembangan kapasitas melalui Pendidikan dan Ketrampilan serta Pengembangan ekonomi Keluarga  melalui Koperasi dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ( UP2K ) dilaksanakan oleh POKJA II. Kegiatan yang berkaitan dengan ketahanan pangan dan tatalaksana rumah tangga dilaksanakan oleh  POKJA III. Kegiatan terkait Kesehatan serta kelestarian lingkungan oleh POKJA IV. Selain itu, TP PKK DKI Jakarta ikut serta melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan potensi RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak), juga program PKT ( Pengembangan Kewirausahaan Terpadu ) dan PPB (Program Pangan Bersubsidi  ) di seluruh RPTRA di DKI Jakarta.

Upaya-upaya pembentukan keluarga ideal tersebut dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan  Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan – Kelautan dan Perikanan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta dan SKPD lainnya. Kemitraan yang strategis dari berbagai pihak ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam mempercepat terwujudnya Jakarta maju kotanya dan bahagia warganya yang menjadi harapan bersama seluruh lapisan masyarakat Jakarta.

 

TP PKK Provinsi DKI Jakarta