Sosialisasi PIK Keluarga Ditengah Pandemi Covid-19

Program Unggulan Pokja I TP PKK Provinsi DKI Jakarta, PIK Keluarga menjadi Pusat Informasi dan Konsultasi Keluarga bagi warga masyarakat, yang dibutuhkan oleh keluarga guna memperoleh layanan informasi. Hal ini menjadi perhatian khusus mengingat dimasa Pandemi banyak sekali permasalahan dimulai dari lingkungan keluarga serta kondisi ekonomi masyarakat yang sedang prihatin karena pandemi Covid-19 dan juga pemberlakuan PSBB Di DKI Jakarta. Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta melaksanakan FGD dan Sosialisasi PIK Keluarga di setiap wilayah, yang dilakukan secara tatap layar (30 Nop 2020).

Kegiatan FGD PIK unggulan secara tatap layar dilaksanakan dibeberapa lokasi, yaitu  Jakarta Pusat di RW 04 Kel. Pegangsaan, RW 04 Kel.Cempaka Putih Barat; Jakarta Barat di RW 09 Kel. Jati Pulo, RW 06 Kel. Tomang dan RW 06 Kel. Wijaya Kusuma; Jakarta Utara di RW 04 Kel. Sungai Bambu, RW 02 Kel. Kalibaru dan RW 01 Kel. Tugu Selatan; Jakarta Timur di RW 013 Kel. Pulo Gebang, RW 01 Kel. Palmeriam; Jakarta Selatan di RW 05 Kel. Pasar Manggis dan Kepulauan Seribu di RW 03 Kel. Pulau Panggang.

Pelaksanaan sosialisasi PIK Keluarga diharapkan akan diperoleh kondisi objektive bahwa kader harus memahami PIK Keluarga secara baik dan benar. Komitmen dan peran masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama maupun aparat pemerintah dan mitra harus berperan aktif untuk mendukung informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Program peningkatan kapasitas kader PIK Keluarga dapat dilakukan melalui media tatap layar/daring dengan kerjasama dengan mitra, serta melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Diharapkan dengan kegiatan FGD PIK Keluarga ini untuk dapat mengoptimalkan pembentukan dan pembinaan kelompok-kelompok kegiatan ditingkat RW, misalnya kelompok Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, kelompok pengajian, arisan, jimpitan, kelompok kematian di wilayah masing-masing kelurahan, agar kegiatan dapat bermanfaat bagi masyarakat, aktivitasnya dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan sehingga akses informasi yang dibutuhkan keluarga dan masyarakat dapat diwadahi melalui PIK Keluarga, sebagai “sumber informasi” pemberdayaan keluarga disetiap RW.

(PI/DM)

One comment on “Sosialisasi PIK Keluarga Ditengah Pandemi Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *