Sosialisasi KJP Plus Dan KJMU Bagi Kader Dasawisma PKK

Dalam rangka menimgkatkan program Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta, melaksanakan webinar Sosialisasi Program KJP Plus dan KJMU bagi Kader Dasawisma PKK (22/9/2021). Kegiatan diikuti oleh TP PKK dan Kader Dasawisma PKK se-DKI Jakarta secara tatap layar dan juga melalui youtube TP PKK Jakarta Channel.

Hadir memberikan sambutan Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta ibu Fery Farhati, bahwan Program Pendidikan melalui KJP Plus dan KJMU agar warga DKI dari keluarga yang tidak mampu memperoleh jaminan mendapatkan layanan dibidang pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, melalui kader Dasawisma PKK yang harus berdaya, berkarya dan berdampak bagi masyarakat, program ini akan sangat membantu dengan menyampaikan informasi tentang meningkatkan Pendidikan bagi masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Ibu Nahdiana menyambut baik peran kader Dasawisma PKK yang sangat berperan di masyarakat, karena program KJP Plus dan KJMU merupakan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Pemprov DKI Jakarta sebagai wujud nyata keberpihakan kepada warga DKI dari keluarga tidak mampu untuk mendapatkan jaminan pembiayaan pendidikan dalam rangka mewujudkan SDM unggul Jakarta.

Dalam rangka menurunkan angka putus sekolah dan meningkatkan akses pendidikan, Pemprov DKI Jakarta melakukan berbagai upaya diantaranya melalui pemberian Bantuan Biaya Personal Pendidikan melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus. Nara Sumber bapak Waluyo Hadi (kepala UPT P4OP) dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyampaikan :

  1. Untuk meningkatkan layanan pendidikan maka perlu dilakukan perluasan cakupan penerima manfaat Kartu Jakarta Pintar menjadi Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus. Cakupan layanan KJP yang sebelumnya hanya menyasar anak usia sekolah yang sudah bersekolah, sedangkan pada KJP Plus diperluas cakupannya:
  • Penjangkauan anak tidak sekolah.
  • Pemanfaatan KJP Plus tidak hanya di pendidikan formal namun mencakup informal seperti PKBM dan Lembaga kursus keterampilan.
  • Penyesuaian satuan biaya.
  • Memperbaiki proses monitoring transaksi belanja.
  • Pemberian bantuan tambahan sebagai persiapan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.
  1. Untuk meningkatkan pengetahuan Kader PKK dan Dasawisma PKK di seluruh Provinsi DKI Jakarta agar memiliki pemahaman yang utuh tentang program KJP Plus dan KJMU sehingga dapat menjadi agen pemberi informasi yang akurat dan edukasi kepada warga masyarakat
  2. Untuk menyampaikan Program Bantuan Biaya Personal Pendidikan melalui Kartu Jakarta Pintar diharapkan mampu menjamin peserta didik dapat melanjutkan pendidikan sampai tamat pendidikan dasar hingga menengah, dan menarik siswa putus sekolah atau siswa yang tidak melanjutkan pendidikan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan.

 

.(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *