Seminar Modernisasi Posyandu dan Launching Logo Posyandu 2021

Dalam memperingati Hari Posyandu ke 37; Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa & Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Kegiatan Seminar Modernisasi Posyandu dan Launching Logo Posyandu 2021 yang dilakukan pada tanggal 29 Apr 2021 secara daring (online

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibu Fery Farhati hadir mengikuti kegiatan beserta seluruh jajaran Tim Penggerak PKK Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Kader Posyandu se-DKI Jakarta, secara tatap layar dan youtube Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan serta dukungan lintas sektor dengan brand atau citra baru masa kini, sehingga dapat menumbuhkan motivasi masyarakat untuk memanfaatkan layanan di Posyandu secara optimal. Menteri Kesehatan RI, Bapak Budi Gunadi Sadikin, dalam sambutannya  mengucapkan selamat Hari Posyandu ke 37 semoga Anak Sehat – Indonesia Sehat.

Posyandu merupakan wadah pelayanan kesehatan dasar yang dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga kesehatan ibu dan anak dalam memantau pertumbuhan anak dan pencegahan stunting covid 19, dengan adanya posyandu tumbuh kembang anak bisa dipantau melalui kegiatan posyandu seperti melaksanakan imunisasi, pemantauan gizi anak, keluarga berencana, pencegahan diare, dan diharapkan kepada kader posyandu agar memiliki inovasi-inovasi untuk membangun posyandu yang kekinian dan #ModernisasiPosyandu untuk meningkatkan kesehatan keluarga.

Inovasi yang dilakukan oleh BKKBN adalah “Posyandu Keluarga”, dimana Posyandu Keluarga menjadi terobosan dalam upaya menanggulangi masalah Kesehatan dengan pendekatan keluarga yang melaksanakan kegiatan secara rutin tiap bulan”.

Program utama KIA, KB, Imunisasi, Gizi, pemantauan tumbuh kembang anak balita dan pembelajaran pola asuh anak, ditambah integrasi program lain yaitu Penyuuhan Kesehatan Reproduksi Remaja, pendewasaan usia pernikahan, Kesehatan lansia, program keluarga berkualitas, Ketahanan Pangan dengan melibatkan peran aktif PKK, Kader Sehat, PPKBD. Sub PPKBD, Toga dan Toma serta instansi terkait. Unit sasaran Posyandu adalah keluarga (sasaran adalah Pasangan Usia subur, balita, remaja dan lansia) guna mendukung program Keluarga Sehat dari Kementerian Kesehatan. Pendamping keluarga (PKK, Bidan dan Kader KB) memastikan setiap keluarga mendapatkan akses pelayanan dasar terkait akses pangan, sanitasi, air bersih dan pelayanan Kesehatan (BKKBN 2021).

Anak Sehat – Indonesia Sehat

 

(Pokja IV/Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *