Semiloka 4 PKK DKI Jakarta Tahun 2021

Berdaya,Berkaya & Berdampak…!

Kegiatan Semiloka 4, Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan tanggal 4-5 Februari 2021 secara tatap layar.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan resiliensi pribadi dan kelompok dalam menjalani masa pandemi yang berkepanjangan dan menyepakati fokus kegiatan yang akan dilakukan tahun 2021 dalam kondisi pandem Covid 19.  Resiliensi adalah kemampuan untuk beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit.

Peserta diharapkan dapat menyampaikan harapan dan kekhawatiran, dengan diskusi dengan cara menulis melalui stiky note menggunakan jamboard google.com, serta diskusi juga dilakukan bersama dengan menulis di stiky note, demikian disampaikan oleh fasilitator.

Diskusi juga membahas apa yang bisa kita lakukan untuk tetap berdaya, berkarya kemudian berdampak di masyarakat. Hal apa yang membuat kita patah semangat? adanya perubahan situasi yang berbeda dari keadaan semula atau transisi yang merupakan proses psikologis yang kita jalani dalam menyikapi situasi baru.

“PKK harus berdaya, berkarya dan berdampak di masyarakat”

Adapun 3 dasar diskusi Gerakan PKK tahun 2021 adalah 1) situasi Covid 19 membuat kita bergerak terbatas; 2) tidak adanya anggaran kegiatan PKK; 3) kesempatan untuk bergerak dengan cara berbeda.

Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama untuk membuat program apa yang menjadi tantangan terbesar yang dialami dalam menjalani program PKK, apa alasan yang membuat kita bisa bertahan untuk tetap menjalankan kegiatan PKK disaat pandemi dan nilai atau keyakinan apa yang mendasari alasan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dalam kelompok kecil yang dipandu oleh tim fasilitator.  Diskusi dibagi dalam 6 kelompok, yang membahas tentang pendataan, ekonomi, Pendidikan, Ketahanan pangan Keluarga, Kesehatan Ibu dan Anak, Kekerasan Perempuan dan Anak.

Beberapa hasil diskusi yang dapat disimpulkan, bahwa kita PKK semua bisa melakukan transformasi, PKK dipaksa untuk berubah kearah yang lebih baik dan modern, dengan melibatkan anak muda. Manfaatkan momen pademi ini berubah dengan menghadapi masa depan yang lebih baik dengan lebih mengenal digital IT lebih baik.

Diakhir acara semiloka Ibu Fery Farhati, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta menyampaikan PKK sebagai organisasi akan bertahan terus, punya wadah yang bisa berdampak sampai ke anak cucu agar kegiatan PKK bisa berkarya dan berdampak di masyarakat. Terima kasih banyak penghargaan setingginya kepada semua peserta yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan secara online yang panjang ini dan terima kasih kepada seluruh tim fasilitator, semoga kita semua bisa belajar menjadi fasilitator yang baik.

“Jalan bersama belanja ke Cikini
belanja blewah tomat dan fanta
Dengan berakhirnya semiloka ini
maka akan menambah semangat kita”

 

(Skr/PA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *