Selamat Hari Kartini 2021

Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini Tahun 2021, Ketua dan seluruh Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta mengucapkan “Selamat Hari Kartini kepada semua perempuan di Indonesia”.

”Kami yakin apabila seseorang berani memulai, banyak yang akan mengikuti” RA Kartini.

Peringatan hari Kartini, adalah peringatan tokoh Pahlawan Nasional, Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat (R.A Kartini). Alasan tanggal 21 April yang dipilih sebagai hari nasional karena tanggal tersebut merupakan hari lahir Sang Pahlawan Nasional, yaitu 21 April 1879, dan beliau meninggal pada usia 25 tahun setelah melahirkan bayi laki-laki pada 17 September 1904.

Kartini tumbuh dan menjalani pendidikan modern. Dari sanalah, Kartini memiliki pandangan bahwa pendidikan bagi perempuan adalah kunci penting bagi emansipasi manusia. Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional sejak 1964, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964.

Buku pertama Kartini diberi judul Door Duisternis tot Licht yang berarti Dari Kegelapan Menuju Cahaya, yang diterbitkan pada 1911. Di tahun 1922, Balai Pustaka menerbitkan buku tersebut dalam bahasa Melayu dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran. Kemudian tahun 1938, keluarlah Habis Gelap Terbitlah Terang versi Armijn Pane, seorang sastrawan Pujangga Baru.

Dalam surat-surat Kartini ditemukan pemikiran-pemikirannya yang berkaitan dengan perjuangan bagi perempuan. Keinginan bebas dan mandiri bagi perempuan yang diusung oleh Kartini adalah bebas untuk mengenyam pendidikan di sekolah dan menolak pernikahan poligami. 

Semoga sosok Kartini dapat memberikan inspirasi bagi Kartini-kartini di seluruh Jakarta, yang akan berdaya, berkarya, berdampak bagi perempuan dan masyarakat di ibu kota. Mereka akan mengambil peran dalam lingkungan dengan melaksanakan aksi hidup baik untuk menjaga keharmonisan dan kesejahteraan masyarakat dimulai dari lingkungan rumah tangga.

Selamat memperingati Hari Kartini tahun 2021

 

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *