Rapat Kerja Luar Biasa Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan Rapat Kerja Daerah Luar Biasa (Rakerdalub) PKK Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 25 Februari 2019 di Ruang Auditorium, Gedung PKK Melati Jaya. Dasar kegiatan adalah Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 411.4-3514 Tahun 2016 tanggal 6 April 2016 Tentang Pengesahan Keputusan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Tentang Hasil Rakernas VIII PKK Tahun 2015.

Tema kegiatanGerakan PKK yang Tertata dan Selaras Sebagai Upaya menciptakan Ekosistem keluarga Bahagia Demi Terwujudnya Jakarta Yang Maju, Lestari dan Berbudaya”

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyempurnaan kebijakan Gerakan PKK di Provinsi DKI Jakarta untuk kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan. Hasil pelaksanaan Rakerdalub PKK perlu diselenggarakan dengan tujuan Tim Penggerak PKK Kota, Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan serta SKPD dan UKPD terkait mendapatkan pemahaman serta kesamaan persepsi dalam bidang Kelembagaan, Program Kerja dan Administrasi PKK yang telah ditetapkan dengan Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, dan telah memperoleh pengesahan oleh Gubernur selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Nomor : 2727 Tahun 2016 , tanggal 15 Desember 2016 tentang Pengesahan Hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016, tidak berlaku lagi. Pelaksanaan Rakerdalub PKK Tahun 2019 sangat tepat mengingat adanya perubahan-perubahan kebijakan Gerakan PKK yang mendasar akan menjadi landasan  gerak dan  operasional sesuai dengan kondisi saat ini dan kedepan menuju Jakarta Maju Kotanya Bahagia Warganya. Dalam penyelenggaraan 10 Program Pokok PKK dan untuk mengoptimalkan   Pelaksanaan Gerakan PKK di Provinsi DKI Jakarta, harus tetap berpedoman pada hasil Rakernas VIII PKK Tahun 2015 dan penyempurnaan hasil Rakerda PKK Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016.

Dilaksanakannya Rapat Kerja Daerah Luar Biasa (Rakerdalub) tahun 2019, dengan Visi Misi baru PKK DKI Jakarta adalah terciptanya ekosistem keluarga bahagia demi terwujudnya Jakarta yang Maju, Lestari, dan Berbudaya. Tujuan Rakerdalub PKK adalah untuk mewujudkan Gerakan PKK di Provinsi DKI Jakarta yang selaras, profesional dan porposional, sehingga mampu mempercepat pencapaian Visi dan Misi Tim Penggerak PKK.

Peserta Rakerdalub PKK Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019, berjumlah 500 orang, terdiri dari TP PKK Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan SKPD terkait. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Bapak Saefullah menyampaikan beberapa hal  antara lain :

  1. Pembangunan masyarakat merupakan bukan hanya tanggung jawab Pemerintah  tetapi juga tanggung jawab masyarakat.
  2. PKK merupakan salah satu Mitra dari Pemda DKI yang selama ini aktif dalam upaya Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga
  3. Apresiasi yang besar atas peran PKK DKI Jakarta, implementasi 10 Program Pokok PKK dan program Unggulan telah berdampak nyata bagi masyarakat.
  4. Rakerdalub PKK akan dapat lebih diwujudkan dalam rangka membangun program tepat sasaran dan berkelanjutan.

Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan, selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, menyambut baik kegiatan Rakerdalub PKK Tahun 2019 ini, semoga peran dan partisipasi aktif dari peserta dan Mitra PKK dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Rakerdalub PKK ini akan sangat membantu untuk tercapainya Visi Misi Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta yang baru. Kegiatan PKK yang terkoordinasi dengan baik akan bermanfaat dan tepat sasaran, sehingga akan memajukan Gerakan PKK dan Program Pemberdayaan Keluarga di Provinsi DKI Jakarta.

(Skr/PA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *