Puncak Peringatan HKG PKK Ke 50 Tingkat Nasional

Berbakti Untuk Bangsa..!
Berbagi Untuk Sesama..!

Dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) Ke-50 Tahun 2022 yang merupakan Peringatan Tahun Emas Gerakan PKK. Acara Puncak Peringatan HKG PKK dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau secara offine dihadiri oleh Ketua Umum TP PKK dan Menteri Dalam Negeri selaku Ketua Pembina TP PKK Pusat. TP PKK Provinsi DKI Jakarta menghadiri kegiatan secara online (8/3/2022), dan kegiatan puncak acara juga dihadiri oleh seluruh TP PKK dan Kader PKK se Indonesia dan dapat diikuti di Youtube TP PKK PUSAT.

Hakekat Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang diperingati setiap tanggal 4 Maret, agar senantiasa dijadikan momentum dukungan segenap jajaran Tim Penggerak PKK, mulai dari Tim Penggerak PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, sampai dengan Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan, untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK serta kegiatan yang mendukung berbagai Program Pemerintah.

Tema Peringatan HKG-PKK Ke-50 Tahun 2022 adalah: ”Lima puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama”.

Makna dari Tema sentral HKG-PKK ini adalah, bahwa gerak kiprahnya Gerakan PKK selama ini sepenuhnya didedikasikan untuk mendukung program-program Pemerintah, dengan fokus pada keberpihakan terhadap keluarga, masyarakat, dan sesama anak bangsa.

Tujuan kegiatan Peringatan HKG-PKK Ke-50 Tahun 2022, adalah :

  1. Sebagai momentum untuk menggelorakan 10 Program Pokok PKK sesuai dengan prioritas program sebagaimana yang telah ditetapkan berdasarkan permasalahan yang dihadapi dan potensi yang dimiliki, serta sebagai sarana publikasi yang efektif terhadap Gerakan PKK;

  2. Memberikan penghargaan serta memotivasi Kader PKK untuk lebih tahu, mau, dan mampu melaksanakan program PKK

  3. Mewujudkan peranan Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya program Pemerintah yang sinergi dengan 10 Program Pokok PKK.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 kali ini menjadi sangat istimewa. Hari ini merupakan Peringatan Tahun Emas Gerakan PKK di Indonesia. Melalui Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, saya  menginginkan agar Gerakan PKK kembali pada ruh-nya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang juga harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan.

Tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, adalah “Lima puluh Tahun Gerakan PKK: Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama”. Tema ini harus melekat dalam hati sanubari kita semua sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK.

Dirgahayu 50 tahun Gerakan PKK – Hidup Jaya PKK

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *