Pra-Rakor PKK DKI Untuk Sinergitas Program PKK

Kegiatan Pra Rapat kordinasi PKK dilaksanakan di Gedung PKK Melati Jaya, Jl. Kebagusan Raya No. 42, Jakarta Selatan (22 Jan 2020), kegiatan dihadiri peserta sebanyak 175 orang dari unsur SKPD, Mitra /CSR Swasta dan Tim Penggerak PKK Provinsi, Kota/Kabupaten se-DKI Jakarta, dengan Tema kegiatan “Sinergitas PKK dengan SKPD menuju Kader PKK yang berdedikasi dan pembelajar”.

Tujuan kegiatan adalah untuk menyamakan persepsi yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga secara nasional. Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 Program Pokok PKK sebagaimana dikuatkan dengan Peraturan Presiden Nomor: 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga antara lain mengamanatkan bahwa penyelenggaraannya dilaksanakan secara terkoordinasi dan berjenjang sesuai dengan kewenangannya. Selain itu dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK serta melaksanakan Hasil rakerdalub PKK Tahun 2019, berapa langkah untuk meningkatkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK antara lain dengan menyatukan arah Gerakan PKK DKI Jakarta Tahun 2020, dimana fokus Gerakan PKK adalah pada pendataan keluarga terpadu satu pintu yang dilakukan oleh kader Daswisma PKK serta Revitalisasi Posyandu.

Potensi Kader PKK, dengan Data Dasawisma yang akurat, dimana data Dasawisma PKK akan menjadi data basis, untuk menjadi dasar kebijakan program PKK dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dimana peran PKK akan dipercaya sebagai mitra kerjasama, dan Kader PKK dipercaya masyarakat dan PKK semakin dikenal oleh masyarakat.

Dalam sambutan pembukaan Ketua Panitia Pra Rakor PKK, Wakil Ketua II TP PKK Provinsi DKI Jakarta Ibu Rusmiati Saefullah menjelaskan maksud dan tujuan dari Rakor PKK Tahun 2020, adalah terinformasinya kebijakan kelembagaan dan program kerja PKK hasil Rakerdalub PKK tahun 2019 kepada wilayah Kota/Kabupaten sampai ketingkat Dasawisma PKK, dan terintegrasinya perencanaan dan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK antara pusat dan daerah dan dengan Mitra kerja PKK. Rangkaian acara juga diisi oleh para Narasumber/praktisi, Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta menyampaikan materi Optimalisasi Kegiatan PKK DKI Jakarta, Chozin Amirullah menyampaikan materi tentang Kolaborasi, dan Sekretaris TP PKK Provinsi DKI Jakarta menyampaikan tentang Optimalisasi Poktan PKK dan Sinergitas 10 Program Pokok PKK.

Hasil kegiatan ini, akan menjadi bahan acuan pelaksanaan kegiatan PKK, yaitu tercapainya persamaan persepsi tentang kebijakan pemerintah dengan Gerakan PKK secara nasional, terinformasinya kebijakan program secara langsung kepada Tim Penggerak PKK disemua jenjang dan terlaksananya sinergi dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dengan mitra kerja PKK, bersama untuk membuat program, kegiatan, melibatkan semua komponen dan para pelaku ekonomi untuk membangun dengan potensi masyarakat.

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *