PKK DKI Resmikan Empat Rumah Anak Sigap

SIGAP – Siapkan Generasi Anak Berprestasi

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Tanoto Foundation dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, meresmikan secara simbolis Rumah Anak Siapkan Generasi Anak Berprestasi (SIGAP) di TK Negeri 01, Jatinegara Jakarta Timur (20 Mei 2021).  Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibu Elissa Sumarlin menyampaikan bahwa:

 “Pembangunan Rumah Anak SIGAP merupakan sebuah inisiatif yang patut diapresiasi dalam upaya mempersiapkan generasi masa depan yang lebih berkualitas, karena pengasuhan yang baik akan mengoptimalkan perkembangan anak sehingga mampu tumbuh sehat, cerdas dan berkarakter unggul. Semoga layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh orangtua, dan masyarakat secara luas”.

Diharapkan Keberadaan Rumah SIGAP akan membantu menyiapkan Generasi Berprestasi. Empat rumah Anak SIGAP (Siapkan Generasi Anak Berprestasi) di DKI Jakarta diresmikan secara serentak bertepatan dengan peringatan hari Kebangkitan Nasional yg ke-113 tahun 2021, yaitu di TK Negeri Jatinegara 01 Jakarta Timur, TK Negeri Duren Sawit 01 Jakarta Timur, TK Negeri Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat dan di RPTRA Bahari Jakarta Selatan. Sasaran kegiatan adalah ibu dan anak usia 0-3 tahun yang terlayani dan mendapat pendampingan yang baik di rumah anak Sigap, bergerak untuk mewujutkan program:

  1. Paud HI untuk anak usia dini, tim pelatih rumah anak Sigap.
  2. Periode emas tumbuh kembang anak adalah bagian penting yang hanya terjadi satu kali dan tidak bisa diulangi lagi.
  3. Penurunan angka stunting, peningkatan kualitas pengasuhan anak usia dini, dan meningkatkan akses ke layanan anak usia dini yang berkualitas.

Mengembangkan model layanan Rumah Anak Sigap untuk membekali orangtua dalam mengasuh anak usia nol hingga tiga tahun, yang harus menjadi perhatian kader PKK.

 

(Pokja II/DI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *