PKK DKI Panen Bersama Se-DKI Jakarta

Bersama Menjadi Pejuang Pangan Di Masa Pandemi…!!!

Kegiatan Panen Bersama dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi dan Kader PKK se-DKI Jakarta. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara TP PKK Provinsi DKI Jakarta dengan DKPKP, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistika Provinsi DKI Jakarta, dilaksanakan secara virtual dan peserta melakukan panen di lokasi masing-masing dan Tim penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta melaksanakan panen bersama di halaman Gedung PKK Melati Jaya, yang merupakan pelaksanaan program Hatinya PKK (20/8). Kegiatan Panen Bersama merupakan rangkaian kegiatan Kelas Berkebun yang telah dilaksanakan sejak Bulan Juni 2021, dengan tema kegiatan Bersama Menjadi Pejuang   Pangan Di Masa Pandemi. 

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan apresiasi kepada peserta Kelas Berkebun sebagai pelaku urban farming dan memeriahkan perayaan HUT RI ke 76 dengan kegiatan yang positif serta menumbuhkan semangat juang para pelaku urban farming sebagai pahlawan pangan di tengah pandemi. Peserta Panen Bersama merupakan peserta Kelas Berkebun, Kader PKK, Kelompok Tani, penggiat Urban Farming, Pekarangan Pangan Lestari (P2L), pencinta lingkungan yang tergabung dalam Proklim. Total peserta kurang lebih 2000 orang yang tersebar di 200 lokasi di DKI Jakarta, demikian disampaikan oleh Ibu Komariah Marullah, selaku Wakil Ketua II TP PKK Provinsi DKI Jakarta.

Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibu Fery Farhati menyambut baik kegiatan panen bersama ini, agar kita belajar banyak tentang menanam, agar pangan bermanfaat maksimal. Dengan kelas berkebun ini prosesnya tidak mudah, dan kita harus menghargai orang yang sudah menanam untuk kita. Kita Harus menjaga dan melestarikan lingkungan. Apapun yang kita tanam agar dirawat dan dijaga, sayuran adalah sebagian kecil yang bisa kita tanam disekitar kita. Semoga keluarga Jakarta bisa memenuhi kebutuhan pangannya dari kebun sendiri. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Ahmad Riza Patria juga mengucapkan selamat panen, kita punya hasil panen, semoga kita bisa manfaatkan waktu dengan kreasi yang bermanfaat , karena dengan menanam tanaman di rumah bisa tambah sehat.

Pelaksanaa pertanian perkotaan, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan, mengurangi dampak lingkungan, mengurangi dampak perubahan iklim, mengurangi sampah makanan. Dengan bercocok tanam terasa di lingkungan, dengan ecoenzym bisa membantu membersihkan udara, salah satu langkah kecil untuk melindungi bumi. Bersama menjadi pejuang pangan disaat pandemi, semoga kegiatan ini bisa terus berlangsung dan bermanfaat.

Kegiatan Panen bersama untuk meningkatkan peran dan minat masyarakat serta Kader PKK untuk memanfaatkan lahan disekitar rumah untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga, misalnya dengan menanam sayur-sayuran hasilnya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dimasa pandemi.

 

 (Pokja III/EP/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *