PKK DKI mengikuti Pembinaan Kearsipan bagi Ormas Provinsi DKI Jakarta

Tim penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta mengikuti kegiatan Pembinaan Kearsipan pada Organisasi Masyarakat Provinsi DKI Jakarta, secara online (9/11). Hadir Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Ibu Rossy Bagio, Para Wakil Sekretaris  TP PKK Provinsi DKI Jakarta  Ibu Chairunisyah, Prasti ,Sumartono dan staff secretariat serta perwakilan dari Organisasi Masyarakat di Provinsi DKI Jakarta. Ibu Rossy Bagio dari Bidang Pembinaan dan Pengawasan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan tugas dan fungsi untuk membina Kearsipan kepada Organisasi Masyarakat Provinsi DKI Jakarta, sesuai Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2018.

Kegiatan ini untuk memberikan penjelasan singkat tentang pengelolaan arsip dinamis untuk dimana kita sebagai pencipta arsip, harus dikelola dengan baik dan beberapa kebijakan terkait arsip juga harus diterapkan. Penyelenggraan arsip merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.
Arsip sebagai alat bukti yang sah dimana dokumen yang ada merupakan sumber informasi, dan menjadi data untuk keperluan bukti pertanggung jawaban.
Bapak Aris W, dari Dispusip Provinsi DKI Jakarta juga menjelaskan dasar hukum kegiatan kearsipannya, dimana setiap arsip dibagi klasifikasi berdasarkan kegiatannya. Pembuatan surat, nomor dan isi surat sudah diatur, jenis kertas sudah diatur.

Untuk Arsip vital /penting harus disimpan di tempat yang membuat. Arsip bisa berupa foto, video, blueprint, flash disk, komputer sesuai perkembangan tehnologi informasi saat ini, dan selain fisik yang disimpan, juga dilakukan digital arsip. Selanjutnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta akan mengunjungi ke Sekretariat/kantor Organisasi akan melihat secara fisik dalam melaksanakan pengarsipan sebagai tindaklanjut pembinaan kearsipan.

 

(Skr/TN/PA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *