Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020

BERSATU & BANGKIT..!!

Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati setiap 28 Oktober dan tahun ini merupakan peringatan ke-92. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu bersatu dan bangkit.
Adapun isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena terjadi di tengah pandemi COVID-19. Para Kader PKK di Provinsi DKI Jakarta mengambil peran disaat pandemi melanda Ibu Kota, antara lain meningkatkan peran para pemuda untuk bersatu melawan pandemi.

Salah satu cara dengan meningkatkan peran Ibu dan para orang tua di keluarga untuk terus membina anak-anaknya untuk dapat menjadi generasi muda yang akan membangun masyarakat dan peduli akan kepentingan masyarakat. Saat Pandemi terlihat peran seluruh  komponen masyarakat terutama ibu ibu Kader PKK dan juga para pemuda-pemudi yang turun membantu dengan ikhlas untuk penanganan Covid di tingkat wilayah RT dan RW masing-masing.

Salah satu program yang dilakukan oleh TP PKK DKI Jakarta, melalui Pokja I, yaitu program untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat berbangsa dan bernegara, melalui Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) yang mencakup 5 unsur, yaitu Kecintaan tanah air, Kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan atas kebenaran Pancaila, kerelaan berkorban untuk Bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Tujuan yang terpenting peringatan Hari Sumpah Pemuda, harus dapat meningkatkan peran pemuda sebagai generasi penerus yang mampu mewujudkan kemajuan bangsa, mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”

 

(PA/Skr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *