PKK DKI Melaksanakan Bimtek Bagi Kader PIK Keluarga

Kegiatan Bimbingan Teknis tentang Peran Kader PIK Keluarga bagi Kader PIK Keluarga se- Provinsi DKI Jakarta, dilaksanakan secara tatap layar (4 Okt 2021), oleh Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, dihadiri TP PKK Kota/Kabupaten se DKI Jakarta. Selaku Ketua Panitia Pelaksana, Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Ibu Ellisa Sumarlin melaporkan Dasar kegiatan, maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:

Dasar pelaksanaan Kegiatan Surat Edaran Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Nomor: /591/PKK Prov/XI/2019 tentang Mengoptimalkan Program Unggulan dan Kegiatan Poktan PIK PKK dan Hasil Semiloka IV Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta tahun 2021. Kegiatan Bimbingan Teknis tentang Peran Kader PIK Keluarga ini dilaksanakan oleh Pokja I Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta yang diikuti oleh 1228 peserta dan dilaksanakan dalam 5 (lima) angkatan dan setiap angkatan dilaksanakan selama 2 (dua), yaitu:

  1. Angkatan pertama tanggal 4 – 5 Oktober 2021, untuk Kader PIK Keluarga Jakarta Pusat, 204 orang.
  2. Angkatan kedua tanggal 7-8 Oktober 2021, untuk Kader PIK Keluarga Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, 191 orang.
  3. Angkatan ketiga tanggal 11 – 12 Oktober 2021, untuk Kader PIK Keluarga Jakarta Barat, 250 orang.
  4. Angkatan keempat, tanggal 13 – 14 Oktober 2021, untuk Kader PIK Keluarga Jakarta Selatan, 291 orang.
  5. Angkatan kelima tanggal 20 – 21 Oktober 2021, untuk Kader PIK Keluarga Jakarta Timur, 292 orang.

Kegiatan ini diisi oleh para narasumber dari Dinas PPAPP, UPT P2TP2A dan Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta, sebagai upaya dalam mengoptimalkan keberlangsungan penyelenggaraan kegiatan PIK Keluarga, sehingga manfaatnya bisa berdampak bagi kesejahteraan hidup masyarakat Jakarta. Tujuan kegiatan adalah untuk :

  • Meningkatkan akses informasi bagi keluarga dalam rangka pemberdayaan keluarga.
  • Meningkatkan penyelenggaraan pelayanan informasi pemberdayaan keluarga.
  • Meningkatkan penyelenggaraan pelayanan konsultasi pemberdayaan keluarga.
  • Mengembangkan penyelenggaraan fasilitas pelayanan rujukan bagi keluarga yang mempunyai hambatan dan masalah dalam pemberdayaan keluarga.
  • Meningkatkan kuantitas pelayanan Pusat Infomasi dan Konsultasi Keluarga.

 

Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibu Fery Farhati dalam sambutan menyampaikan bahwa kegiatan peningkatan SDM Kader PKK, terutama kader PIK Keluarga sangat penting dalam fungsinya untuk mengatasi kesenjangan informasi dan komunikasi pengelolaan/penyelenggaraan program pemberdayaan keluarga di lingkungan masyarakat DKI Jakarta. Pelayanan Informasi PIK Keluarga merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kader PIK Keluarga dalam menyediakan dan memberikan berbagai informasi penting yang dibutukan oleh keluarga, baik yang disampaikan secara lisan, tertulis maupun melalui media sosial, agar program akan cepat sampai ke masyarakat.

Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Keluarga mempunyai peran sangat strategis, maka diharapkan pengelolaan PIK Keluarga agar semakin baik dan kadernya berkualitas, serta mampu mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

Kader PKK harus berdaya, berkarya dan berdampak bagi masyarakat, sehingga program PKK dapat terlaksana secara optimal dan berkelanjutan.

 

(Pokja I/SA/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *