PKK DKI Lakukan Pelatihan Aplikasi Carik Jakarta Bagi Kader Dasawisma

Kegiatan pelatihan untuk pendataan Keluarga dengan Aplikasi Carik, adalah salah satu program bagi para Ketua Dasawisma di tingkat Kelurahan. Pelatihan ini diperlukan untuk menyampaikan tugas dan fungsi Kader Dasawisma; yaitu mendata mengunakan aplikasi Carik Jakarta, menggerakkan dan menyampaikan informasi. Pembinaan berjenjang terus dilaksanakan bagi Kader Dasawisma oleh Tim Penggerak PKK dan Pembina Tim Penggerak PKK disemua jenjang. Pelaksanaan Orientasi Carik Jakarta bagi kader Dasawisma, berdasarkan Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta nomor 15 Tahun 2019.

Kelompok Dasawisma PKK adalah kelompok yang terdiri atas 10 – 20 Rumah ,dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat, diketuai oleh salah seorang yang dipilih di antara mereka, merupakan kelompok potensial terdepan dalam pelaksanaan  kegiatan  PKK.

Beberapa materi yang disampaikan,antara lain tentang  Tujuan pendataan, tugas Kader Dasawisma PKK, Metodologi pendataan, pertanyaan pendataan, komunikasi, penggunaan Aplikasi Carik Jakarta. Kader Dasawisma PKK yang akan melakukan pendataan, harus mempunyai  KTP DKI, berdomisili di RT tersebut,  punya kartu ID Dasawisma dan HP dan mengikuti pelatihan dan siap unytuk mendata. Dukungan kebijakan berupa Keputusan Gubernur nomor 460 Tahun 2010 tentang satuan biaya operasional Dasawisma dan Petunjuk teknis dan mekanisme pelaksanaan pemberian operasional Dasawisma berdasarkan keputusan Dinas PPAPP No. 106 Tahun 2019. Jumlah peserta pelatihan Kader Dasawsisma se-DKI Jakarta sekitar 70902 orang yang dibagi dalam setiap pelatihan ada 30 peserta untuk setiap angkatan dan para peserta sangat semangat mengikuti kegiatan, banyak pertanyaan yang diajukan. Kegiatan dilaksanakan di 267 Kelurahan se-DKI Jakarta secara serentak mulai tanggal 14 – 21 Oktober 2019. Hal ini sesuai dengan rencana pendataan keluarga akan dimulai di bulan Nopember 2019.

(Skr/PA).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *