PKK DKI Berpartisipasi Pada Lomba Tertib Administrasi PKK Tingkat Nasional Tahun 2020

Tim Penggerak PKK Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Kota Adm. Jakarta Timur mewakili Provinsi DKI Jakarta mengikuti Lomba Tertib Administrasi PKK Tingkat Nasional Tahun 2020. Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Cipinang Melayu, Yolanda Isroyanti, S.AP menyambut baik kegiatan Lomba Tertib Adminstrasi PKK dalam rangka HKG PKK. Pelaksanaan administrasi PKK dan pendataan keluarga sudah berjalan dengan baik dan akurat berkat dukungan yang diberikan oleh Lurah selaku Ketua Pembina, Sekretaris Kelurahan selaku Walidata, baik yang berupa dukungan kebijakan maupun dukungan peralatan komputer, serta jaringan internet wifi, di  Kantor Kelurahan.

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan tertib administrasi PKK, dibuatlah alamat e-mail, media sosial fb, instagram sebagai alat komunikasi elektronik yang dapat mempermudah penyampaian informasi dan pelaporan kegiatan PKK.  Hasil pelaporan ini fungsinya untuk menyusun rencana kerja, evaluasi dan rencana tindak lanjut untuk membuat program kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan 10 program pokok PKK. Untuk meningkatkan pendataan keluarga, yang dilakukan oleh Kader Dasawisma PKK, dalam perkembangannya kader Daswisma di optimalkan dan diberdayakan tidak hanya mendata kemudian melakukan penginputan data, tetapi juga sebagai penggerak dan menyampaikan informasi di lingkungan masing-masing sesuai kelompok Dasawismanya 10-20 rumah. Beberapa inovasi unggulan yang dibuat yaitu sudah menerapkan administrasi PKK berbasis IT dapat membantu memperkecil resiko kehilangan data akibat bencana alam, banjir, kebakaran dan lain-lain, karena data yang sudah terinput akan secara otomatis tersimpan dalam aplikasi, mempermudah pencarian data sesuai kebutuhan dan mempermudah Instansi terkait khususnya.

Dalam kunjungan kerja (8 Feb 2020), ke Kelurahan Cipinang Melayu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati menyampaikan agar pengelolaan Administrasi PKK terus di optimalkan, perlu selalu dilakukan pembinaan secara rutin dan perlu diintensifkan pelatihan secara berjenjang tentang administrasian PKK secara online, sampai ke kelompok PKK RW, RT dan Dasawisma. Tingkatkan fasilitas sarana dan prasarana penunjang yang memadai khususnya kesediaan jaringan internet serta menggalang kemitraan dari berbagi pihak, tokoh masyarakat, swasta, PT, LSM, untuk membuat program peningkatan SDM kader PKK di bidang IT. Hal ini akan membuat administrasi berbasis IT dapat dilakukan secara mudah dan praktis dan datanya akurat untuk membuat program kegiatan yang tepat sasaran dan berkelanjutan. Sesuai dengan Instruksi Gubernur No. 2 tahun 2019 tentang sinkronisasi dan pelayanan kesejahteraan keluarga satu pintu, dimana dasawisma menjadi sumber data untuk semua program terkait pemberdayaan keluarga dalam lingkup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *