Pertemuan Rutin Pokja I TP PKK Provinsi DKI Jakarta

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta secara rutin melaksanakan pertemuan rutin secara tatap layar (16 Juli 2021) untuk evaluasi kegiatan dan meningkatkan kapasitas Kader PKK, khususnya kader Pokja I TP PKK se DKI Jakarta.  Wakil Ketua / Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ibu Ellisa Sumarlin menyampaikan bahwa kader PKK harus berdaya, berkarya dan berdampak bagi masyarakat, dengan melakukan berbagai kegiatan antara lain :

  • Pertama, terkait vaksin, saya harap kita semua di sini, dengan protokol yang ada, sudah melakukan vaksin di lingkungannya masing-masing. Vaksin ini penting, setidaknya menurut para ahli, ada 3 keuntungan atau kegunaannya. Pertama, untuk membentuk kekebalan tubuh kita dari virus; kedua, untuk bisa mencegah gejala yang lebih parah jika kita terpapar covid-19; dan ketiga untuk mewujudkan herd immunity, kekebalan komunitas, sehingga pandemi covid-19 segera berakhir. Tentu saja vaksin bukan jaminan 100 persen terbebas covid-19, tapi inilah bentuk ikhtiar kita sebagai manusia. Setidaknya bisa menangkal atau mengurangi dampak dari covid-19. Semua ibu-ibu PKK agar tidak mudah termakan hoax terkait berita yang aneh-aneh soal covid-19, sebaliknya kita harus bisa mengedukasi warga Jakarta untuk percaya dan mengikuti vaksin. Insya Allah dengan gerakan vaksin ini adalah kebijakan terbaik yang sudah dipikir masak-masak oleh para pemimpin kita.
  • Kedua, terkait kegiatan baksos, memang sudah seharusnya kita “hadir” atau “turun ke lapangan” melakukan langkah-langkah kongkrit yang bisa meringankan beban masyarakat, terutama membantu ibu-ibu, di masa pandemi di wilayah Provinsi DKI Jakarta ini. Pola pendekatan dengan menggerakkan peran serta masyarakat adalah ciri khas PKK dalam berbagai aspek programnya, tentu nya ini merupakan modal sosial yang besar. Partisipasi masyarakat adalah bagian dari prinsip dasar gotong royong yang merupakan warisan budaya Bangsa. Apalagi jika di tambah dengan sinergi atau kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat lain sebagaimana dicanangkan Pak Gubernur terkait Jakarta sebagai kota Kolaborasi, dampaknya insyaAllah akan sangat besar dan jangka panjang.

Kita semua harus tetap semangat dan kreatif dalam menggelar berbaagai program dan kegiatan, beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan oleh kader PKK, untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid -19 antara lain:

  1. Mendorong dan mengorganisir kader PKK dan anggota masyarakat yang belum vaksin.
  2. Membantu dengan paket sembako, makanan dan suplemen untuk mereka yang isoman, kepada sesama anggota warga/RT.
  3. Menyediakan dan menjahit masker kain
  4. Revitalisasi ketersediaan galon dan sabun untuk cuci tangan.
  5. Doa dan ngaji bersama (secara oline) untuk keluarga, dengan tema-tema yang memang sedang dibutuhkan ibu-ibu dan keluarga di Jakarta. Seperti misalnya,

   “Bagaimana Hidup Tetap Tenang dan Bahagia di masa Pandemi” atau cara-cara alternatif meningkatkan Imunitas dengan kegiatan yang memungkinkan dilaksanakan dimasa pandemi, kader PKK agar mampu berdaya, berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

(Pokja I/SA/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *