Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXV Tahun 2018

Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2018  diselenggarakan di Kota Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (7/7/2018). Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi pada acara peringatan Harganas ke XXV Tahun 2018.

Tema kegiatan Harganas XXV adalah ”Hari Keluarga : Hari Kita semua” dengan membawa tagline ”Cinta Keluarga Cinta Terencana”.

Peringatan Harganas memiliki tujuan meningkatkan peran serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta, tentang pentingnya penerapan 8 fungsi keluarga [agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan lingkungan] dan pembentukan karakter sejak dini. Dengan konsep pendekatan keluarga berkumpul, berinteraksi, berdaya, serta peduli dan berbagi. Konsep pendekatan keluarga yang digunakan yakni, Keluarga Berkumpul yaitu meluangkan waktu tanpa disibukkan dengan gawai (gadget, televisi, atau alat elektronik lainnya), Keluarga Berinteraksi dengan meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama, serta saling tukar pengalaman dengan komunikasi yang lebih berkualitas).

Harganas setiap tahun diperingati untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak.

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *