Peringatan Hari Anak Nasional 2020 Pentingnya Ketahanan Keluarga Anak Terlindungi – Indonesia Maju

Anak Terlindungi Indonesia Maju

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli ini, mengajak kita semua untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada anak agar mereka bisa melakukan berbagai aktivitas secara ekspresif bagaimanapun kondisinya. Nilai terbesar yang dibawa dalam Hari Anak Nasional (HAN) ini adalah nilai pendidikan secara holistik (Pendidikan moral, kasih sayang, perlindungan, dsb). Bagaimana untuk tetap memenuhi kebutuhan anak dan memberikan mereka sebesar-besar dari nilai asah, asih, dan asuh. Asah berarti mendidik (stimulus pada anak), asih berarti mengasihi (memberikan kasih sayang), dan asuh berarti melindungi (melalui kesehatan misalnya).

Pandemi Covid-19, menjadi salah satu faktor terbesar yang menahan kebebasan anak untuk berekspresi. Pasalnya, sekolah tempat mereka belajar dan atau bermain, kini terpaksa harus ditutup pemerintah demi mencegah penularan Covid-19 yang semakin marak pertumbuhannya. Alhasil, anak-anak terpaksa harus berada  dirumah saja dan terkurangi kesempatannya baik untuk bertemu maupun bermain bersama teman sebaya serta gurunya yang mengajar di sekolah.

Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2020, disaat pandemi ini Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, berharap akan dapat meningkatkan dan menjaga ketahanan keluarga melalui pendidikan anak yaitu dengan selalu mengutamakan hak anak, dimulai dari hak untuk bermain, mendapat pendidikan, perlindungan, rekreasi, akses kesehatan, hingga pada hak untuk mendapatkan identitas saat baru lahir.

Pengaruh; emosional orang tua juga penting, dengan menjaga emosi tetap stabil di depan anak merupakan sebuah keharusan untuk orang tua (jangan sampai berkata kasar di depan anak). Orang tua agar tidak berada di dekat anak saat kondisi emosi sedang tidak stabil. Hal ini untuk mempertahankan ketahanan keluarga dalam berumah tangga.

Kebahagiaan anak akan selalu menjadi yang utama, karena kebahagiaan anak, akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, dimana anak senang, orang tua Bahagia.

Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh menjadi manusi dewasa yang berjiwa Pancasila. Anak harus tetap kreatif dan bersemangat serta dan tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

Selamat Hari Anak Nasional 2020 – 23 Juli 2020

(PII/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *