Peran UP2K/UPPKA/JakPreneur Menghadirkan Menu Kudapan yang B2SA dalam Upaya Pencegahan Stunting

WEBINAR “PENCEGAHAN DAN PENURUNAN STUNTING”

Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan memberikan nutrisi terbaik pada anak saat dalam kandungan, dengan memberikan menu makanan dan asupan yang bergizi bagi Ibu Hamil sampai anak usia Balita. Makanan bergizi dan bernutrisi tidak harus mahal, yang terpenting adalah kualitasnya. Salah satu upaya promosi kepada masyarakat tentang pentingnya pemenuhan gizi seimbang pada makanan adalah adanya Gerakan Sadar Konsumsi Pangan “Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA)”.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta ibu Fery Farhati , Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Ketua Tim Penggerak PKK Kota dan Kabupaten se-Provinsi DKI Jakarta, Para Pengurus TP-PKK Provinsi DKI Jakarta, TP-PKK Kota/Kab, Kecamatan dan Kelurahan serta Kader PKK se-DKI Jakarta. Kegiatan dilaksanakan secara webinar (11/11) dan dapat diikuti di youtube dppapp provinsi DKI Jakarta, dipandu oleh MC Euis Pretty, Pembaca doa ibu Ngatemi dan Moderator Prasti Amayanti dari TP PKK Provinsi DKI Jakarta.

Para Nara Sumber: Bapak Ahmad Taufik, S.Kom., MAP, Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, BKKBN menyampaikan materi tentang Sosialisasi Dapur Sehat Anti Stunting; Ibu Dewi Sugiharti, S.TP., Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta menyampaikan materi tentang Menu Kudapan B2SA dalam upaya Pencegahan Stunting; Ibu Diah Iswari Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta menyampaikan materi tentang Peran UP2K dalam Pencegahan dan Penurunan Stunting.

Ibu Fery Farhati dalam sambutannya menyampaikan, Gerakan B2SA merupakan program prioritas Pokja III Tim Penggerak PKK. Dengan mensosialisasikan menu makanan B2SA, diharapkan masyarakat dapat mengenal aneka ragam bahan pangan, yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral, yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang sehingga dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak 5 tercemar bahan berbahaya. Pemenuhan kebutuhan pangan B2SA bisa dilakukan melalui kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). UP2K adalah Program Unggulan Pokja II TPPKK. Adanya sinergitas antara Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga melalui UP2K dengan Gerakan Sadar Konsumsi Pangan B2SA dalam penyediaan menu gizi seimbang denghan memanfaatkan bahan baku lokal dan harga terjangkau sebagai bahan pangan keluarga akan membantu pencegahan stunting di masyarakat.

Mari terus berkolaborasi dan berkomitmen membangun dan membina keluarga Jakarta agar Jakarta dapat mewujudkan “Jakarta yang Maju Kotanya dan Bahagia Warganya”. Dan mewujudkan “Jakarta Bebas Stunting”. Bersama kita melakukan upaya untuk Pencegahan Stunting di DKI Jakarta.

Makan tahu dan talam dipasar kembang
Jangan lupa beli daging di kota
Hadirkan menu kudapan yg beragam bergizi dan seimbang
Dalam upaya pencegahan stunting di Jakarta

(pantun : Ngatemi)

 

(Pokja IV/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *