Peran PKK DKI Dalam Pembangunan Keluarga, Kependudukan Dan Keluarga Berencana di Era New Normal

Menuju Keluarga Bahagia di Era New Normal

Pada acara webinar Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) menuju Keluarga Bahagia di Era New Normal, diadakan oleh DPPAPP Provinsi DKI dan BKKBN (17 Jun 2020), yang dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Kader PKK se-DKI Jakarta.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta menyambut baik kegiatan webinar tentang Pembangunan Keluarga, kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) menuju Keluarga Bahagia di Era New normal. Kebiasan baik, seperti PHBS dapat dilaksanakan di rumah dan jika di jalankan dengan baik, semoga warga Jakarta bisa siap menghadapi berbagai tantangan selama pandemi, kami PKK selalu mengikuti arahan dari pemerintah terkait protokol Kesehatan. Kegiatan PKK langsung berhubungan dengan masyarakat, tetapi dengan adanya pandemi ini kita menjadi penting untuk berbuat di keluarga, contoh yang tadinya hanya slogan kebersihan dari Iman, sekarang sudah kita jalani setiap hari. Peran Kader PKK di masa pandemi, dapat membantu menyampaikan informasi kepada anggotanya 10-20 rumah. Hal ini akan mempermudah pemerintah daerah dalam melaksanakan program sejalan dengan 10 Program Pokok PKK.

“Kita Bersama sedang mempersiapkan agar keluarga Jakarta menjadi keluarga yang berketahanan dan PKK berperan aktif di kegiatan yang langsung di masyarakat, sejalan dengan program Pemerintah”.

Kepala BKKBN, DR Hasto Wardoyo Sp (OG) K, sebagai narasumber menyampaikan Program Bangga Kencana di Era New Normal, bahwa Tim Penggerak PKK Prov DKI Jakarta dengan potensi dukungan Kader PKK sampai ketingkat Dasawisma sangat berpengaruh perannya dalam program Bangga Kencana di era new normal, misalnya sasaran untuk KB saat pandemi di DKI Jakarta, dengan sudah adanya peta sebaran covid, sehingga kegiatan bisa lebih mudah. Kita mempunyai tugas Tribina Bina keluarga balita, remaja dan Lansia.  Enam tips new normal untuk menjaga ketahanan keluarga, Fleksibel dalam beradaptasi, Ubah gaya hidup keluarga, Mengelola waktu dan aktifitas, menjaga tradisi dan kebiasaan positip keluarga, menjaga keeratan dan kelekatan keluarga. Kepala DPPAPP Provinsi DKI Jakarta, Ir.Tuty Kusumawaty MM, menyampaikan peran DPPAPP dan PKK terus melaksanakan kebijakan yang sudah ada. Implementasi kebijakan, dengan 10 program pokok PKK, akan dilakukan dengan kolaborasi sosial sekala besar dengan kader PKK, yang mempunyai tugas mendata, menggerakkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Kader PKK saat ini jangan berkegiatan dahulu, tunggu himbauan pemerintah, jika perlu keluar rumah tetap gunakan protokol kesehatan.

Covid-19 harus putus, KB jalan terus dan Kontrasepsi pakai terus”.

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *