Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak & Sosialisasi Penggunaan Kartu Kembang Anak/KKA Online

Peran orang tua dalam tumbuh kembang anak & sosialisasi penggunaan kartu kembang anak/KKA online merupakan tema kegiatan yang dilaksanakan oleh Pokja II Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta secara daring (18/1/2022), dihadiri oleh Ibu Fery Farhati selaku Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta.  Kegiatan diikuti Pengurus TP PKK Provinsi, Pokja II TP PKK Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan 500 Kader BKB PAUD se DKI Jakarta.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader BKB PAUD dalam memberikan penyuluhan kepada orangtua / anggota kelompok BKB tentang tumbuh kembang anak, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang anak dan meningkatkan kemampuan orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak secara mandiri melalui KKA Online.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan Kartu Kembang Anak (KKA) Online di akhir 2021. KKA ini menjadi sangat penting dan strategis karena KKA bisa mendeteksi gangguan perkembangan anak, dan memonitor tujuh variable tahap perkembangan anak. Sejalan dengan perkembangan jaman, KKA online diluncurkan dan  diharapkan mampu menjangkau keluarga dengan mudah untuk bisa mengisi data anak 0-6 tahun.

Para narasumber ibu Dr. Lucia R.M. Royanto, M.Si., M.Sp.Ed., Psikolog Dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Ibu Aswarni, Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Urusan Bina Ketahanan Keluarga dari Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta menyampaikan materi tentang mendidik dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak, orang tua memiliki peran yang penting. Untuk mendukung agar anak tumbuh kembang secara optimal, orang tua harus memenuhi kebutuhan dasar anak yaitu Asuh, Asih dan Asah dalam lingkungan keluarga yang harmonis, penuh kasih sayang, dan pengertian.

Kegiatan juga dapat diikuti melalui Youtube TP PKK DKI Channel

 

(Pokja II/DI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *