Pengembangan Wawasan Kebangsaan Bagi Kader PKK

Tim Penggerak PKK DKI melaksanakan kegiatan Pengembangan Wawasan Kebangsaan Bagi Kader PKK adalah untuk membentuk kepedulian akan pentingnya pemantapan Pengembangan Wawasan Bela Negara, yang kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan dilaksanakan tahun 2019 dalam 5 angkatan dengan jumlah peserta 100 orang perangkatan yang diikuti oleh seluruh Kader Pokja I dari tingkat Provinsi sampai dengan tingkat Kelurahan se-DKI Jakarta (20 Sep 2019).

Tujuan kegiatan adalah menyegarkan dan menguatkan kesadaran masyarakat untuk membangun pertahanan Nasional Indonesia; Mencintai dan mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara dari pada kepentingan sendiri; Makin yakin dengan Kebenaran Falsafah Pancasila, bahwa NKRI satu-satunya bentuk Negara yang tepat untuk Negara kepulauan dan merupakan pilihan untuk hidup bersama serta mengajarkan untuk menghargai sesama.

Materi Wawasan Kebangsaan, disampaikan oleh Bapak Brigjen Pong Bija dari KEMHUMKAM, tentang definisi operasional Wawasan Nusantara, agar masyarakat tahu bagaimana cara pandang dan sikap Bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk Geografinya berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945. Dimana dalam pelaksanaannya, Wawasan Nusantara mengutamakan Kesatuan Wilayah dan menghagai kebhinekaan untuk mencapai tujuan Nasional.

Nilai – Nilai Kebangsaan Berdasarkan 4 Konsensus Dasar Negara yaitu:

  1. Pancasila (Nilai Religius, Nilai Kekeluargaan, Nilai Keselarasan, Nilai Kerakyatan (Individual), Nilai Kerakyatan, Nilai Keadilan)
  2. UUD 45 (Nilai Demokrasi/Kebebasan, Nilai Kesederajatan, Nilai Ketaatan Hukum)
  3. Bhineka Tunggal Ika (Nilai Kepedulian/Toleransi, Nilai Keadilan, Nilai Gotong Royong)
  4. NKRI (Nilai Kesatuan Wilayah, Nilai Persatuan, Nilai Kemandirian).

Berkurang nya nilai-nilai sosial di masyarakat, persepsi salah tentang Wawasan Kebangsaan dan berkurangnya rasa mencintai dan menjiwai NKRI, untuk mencegah hal tersebut melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meneruskan informasi tentang pentimgnya bela negara kepada putra- putri dan keluarganya tentang IPOLEKSOSBUD-AG (Ideologi Politik Ekonomi Sosial Budaya dan Agama), demikian penekanan yang disampaikan oleh Bapak Brigjen Pong Bija dari KEMHUMKAM

(PI/DM/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *