Pembukaan Sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Dan Tangguh Bencana Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021

Pembukaan kegiatan Sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana di Provinsi DKI Jakarta yang akan dilaksanakan secara tatap layar (22 September 2021), yang diikuti oleh Kader PKK se-DKI Jakarta dan dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, ibu Fery Farhati.

Sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana dalam rangka mempersiapkan para kader PKK agar tujuan kegiatan di bidang Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat di Jakarta dapat berlangsung dengan baik.

Disaat Pandemi, Kader PKK tetap berkegiatan meskipun terbatas melalui pertemuan virtual. PKK sebagai sebuah gerakan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat dalam kiprahnya dalam pembangunan perlu menempatkan prioritas pemenuhan kebutuhan masyarakat secara terencana, terpadu, terstruktur, merata, dan berkualitas yang bersendikan kearifan lokal.

10 Program Pokok PKK akan berjalan dengan baik, bila kader PKK berdaya, berkarya dan berdampak dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.  Hal ini secara langsung akan mempengaruhi tingkat keberhasilan program PKK khususnya dalam membantu serta memantau kesehatan, lingkungan dan perencanaan sehat.

Dengan Sosialisasi ini diharapkan masing-masing peserta Sosialisasi memahami peran dan tanggung jawab dalam Pelaksanaan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana di Provinsi DKI Jakarta, Tercapainya tujuan kegiatan yaitu:

  1. Peningkatan pemahaman peserta dalam Pelaksanaan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana,
  2. Terselenggaranya kegiatan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana sesuai dengan harapan
  3. Tercapainya dukungan yang memadai oleh semua pihak guna suksesnya pelaksanaan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana di lokasi pilot projek

Sosialisasi kegiatan akan dilaksanakan mulai 22 Sep 2021 sampai dengan 7 Oktober 2021, di wilayah Kota/Kabupaten se-DKI Jakarta, dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Jakarta Timur : Menuju Penurunan Angka Stunting dan Menuju Keuangan Sehat
  2. Jakarta Selatan Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak
  3. Jakarta Utara Menuju Penurunan Angka Stunting dan Menuju Keuangan Sehat
  4. Jakarta Pusat Bencana Alam dan Peduli Lingkungan
  5. Jakarta Barat Menuju Penurunan Angka Stunting, Siaga Kebakaran dan Bencana Alam
  6. P 1000 Menuju Keluarga Sehat Berkwalitas dan Mewujudkan Keluarga Sehat PUS

 

Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana dibentuk sebagai sebuah upaya membentuk keluarga yang tanggap dan tangguh terhadap berbagai bentuk bencana dilingkungan keluarga yang disebabkan oleh kesehatan, lingkungan dan perencanaan sehat yang kurang baik.

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *