Pembinaan Tim Verifikasi PHBS Nasional 2021 Secara Tatap Layar

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati  menerima Tim Verifikasi Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional tahun 2021 dari Kementerian Kesehatan, dilakukan secara tatap layar dalam rangka pembinaan PHBS Rumah Tangga (23 Juni 2021).

Tim verifikasi akan melihat secara lengkap pelaksanaan kegiatan, pencapaian hasil dan inovasi inovasi yang telah dilakukan dalam penyelenggaraan kegiatan 10 indikator PHBS di Rumah Tangga, khususnya di Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Dalam kondisi saat ini masih dalam masa pandemi Covid 19, Kader PKK DKI Jakarta mampu berkolaborasi atau bersinergi dengan pihak-pihak terkait, dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat Jakarta untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

10 Indikator PHBS yang harus kita terapkan adalah:

  1. Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan.
  2. Pemberian ASI eksklusif
  3. Menimbang bayi dan balita secara berkala
  4. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih
  5. Menggunakan air bersih
  6. Menggunakan jamban sehat
  7. Memberantas jentik nyamuk
  8. Konsumsi buah dan sayur
  9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
  10. Tidak merokok di dalam rumah

Program PHBS ini perlu terus dilaksanakan oleh Kader PKK sehingga programnya dapat berdaya, berkarya dan berdampak bagi keluarga, dan mampu mewujudkan kehidupan keluarga dan masyarakat Jakarta yang lebih bersih dan sehat.

 

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *