Pembinaan Lomba PKK Dalam Rangka Harganas Tahun 2021

Tingkatkan Kepedulian Bersama untuk Hidup Sehat dan Sejahtera dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Maju

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, telah melaksanakan penilaian Lomba dalam rangka Hari Keluarga Nasional 2021, pada tanggal 5 – 7 Januari 2021, tingkat provinsi DKI Jakarta, dengan pesertanya adalah pelaksana terbaik TP PKK Kelurahan yang diajukan oleh masing wilayah Kota/Kabupaten. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan di rumah dan permukiman yang bersih dan sehat dan berkualitas dalam Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Tujuan khusus kegiatan pembinaan melalui lomba ini untuk meningkatkan kemitraan PKK, dengan Dinas terkait, Lembaga kemasyarakatan, LSM, PT, Swasta dan dunia usaha. Meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan dan Program Bangga Kencana, memantapkan peran kelembagaan dan 10 Program Pokok PKK, khususnya di bidang KB dan Kesehatan, meningkatkan jumlah peserta KB baru dan peserta KB aktif, melaksanakan Lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan, Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga, Pelaksanan Terbaik Lingkungan Bersih Sehat (LBS) serta Pelaksana Terbaik Posyandu di wilayah secara berjenjang.

Sasaran kegiatan ini adalah keluarga/rumah tangga, pasangan Usia Subur (PUS), PKB, kader Poktan (BKB, BKR, BKL, UPPKS). TP PKK Provinsi DKI Jakarta sebagai Mitra kerja Pemerintah menjadi tim penilai dikegiatan lomba dalam rangka Harganas tahun 2021, untuk bergerak bersama melakukan pemberdayaan keluarga dan mensukseskan program Bangga Kencana di masyarakat. Kegiatan pembinaan dan penilaian dilakukan dengan cara tatap layar, tetap mengikuti protokol Kesehatan, dimana masing masing peserta menyampaikan program kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka Harganas dengan jadwal pembinaan di wilayah sebagai berikut:

5 Jan 2021:

  • Kep Seribu (Kel Pulau Panggang): PKK Bangga- Kencana – Kesehatan
  • Jakarta Utara (Kel. Warakas) : Posyandu , Kel Pegangsaan Dua : Bangga Kencana, Kel RBS : PHBS
  • Jakarta Pusat: (Kel Cempaka Putih Timur) : LBS

6 Jan 2021

  • Jakarta Selatan, Kel Tebet Timur: PKK-Bangga Kencana-Kesehatan, Kel Penggadegan : PHBS dan Kel. Ragunan: LBS
  • Jakarta Timur, Kel Cibubur: Posyandu, Kel.Batu Ampar : PKK-Bangga Kencana-Kesehatan

7 Jan 2021

  • Jakarta Barat , Kel Meruya Utara : Posyandu, Kel.Kota Bambu Selatan : LBS, Kel. Grogol Petamburan :PHBS

Dengan tema Lomba “Melalui Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan, Kita Tingkatkan Kepedulian Bersama untuk Hidup Sehat dan Sejahtera dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Maju”.

Diharapkan program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama pesan pesan PHBS dan protokol Kesehatan yang harus diterapkan dengan ketat oleh selutruh masyarakat.

(Skr/CN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *