Pembangunan Sumur Resapan Di Gedung PKK

Pemerintah menganjurkan agar warga masyarakat melakukan gerakan pembuatan sumur resapan, yang efektif menangani genangan air di lokasi dengan curah hujan tinggi. Khususnya di wilayah yang berpotensi banjir akibat curah hujan. Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah membangun ribuan sumur resapan di kawasan aset milik Pemprov DKI Jakarta, termasuk di Gedung PKK Melati Jaya, Jalan Kebagusan Raya 42, Jakarta Selatan, pada bulan Juli 2021 telah dibangun sebanyak 24 sumur resapan untuk mencegah genangan air dan banjir (31 Juli 2021).

Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 68 Tahun 2005, pembuatan sumur resapan bertujuan untuk menampung, menyimpan, dan menambah cadangan air tanah serta dapat mengurangi limpasan air hujan ke saluran pembuangan dan badan air lainnya, sehingga dapat dimanfaatkan pada musim kemarau sekaligus mengurangi peluang timbulnya banjir. Sasaran lokasi adalah daerah peresapan air di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pertokoan, industri, sarana dan prasarana olah raga serta fasilitas umum lainnya.

Sumur resapan menurut merupakan sumur atau menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu atau lubang memiliki kedalaman di atas permukaan tanah yang digunakan untuk menampung air hujan agar dapat meresap ke dalam tanah.  Konservasi air merupakan merupakan upaya memasukkan air ke dalam tanah baik secara buatan maupun alami dengan tujuan meningkatkan besarnya laju infiltrasi pada suatu daerah dalam rangka pengisian air tanah.

Tujuan sumur resapan:

  • Menampung air yang datang dari atas tanah ditampung dalam sumur resapan
  • Mengurangi aliran permukaan dan mencegah dan mengurangi terjadinya genangan air dan banjir
  • Mempertahankan tinggi muka air tanah dan menambah persediaan air tanah
  • Mengurangi atau menahan terjadinya intrusi air laut bagi daerah yang berdekatan dengan wilayah pantai
  • Mencegah penurunan tanah sebagai akibat pengambilan air tanah yang berlebihan
  • Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *