Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Kader PKK

Kegiatan “Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi Tim Penggerak PKK dan Kader PKK angkatan I tahun 2021, dilaksanakan berkolaborasi dengan Bakesbangpol Provinsi DKI Jakarta dan dibuka oleh Wakil Ketua I TP PKK Provinsi DKI Jakarta ibu Ellisa Sumarlin. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap layar (8 April 2021), diikuti oleh 133 orang kader PKK dari 5 tingkat Kota dan 1 Kabupaten se DKI Jakarta. Kegiatan juga dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta, Bapak Drs. Taufan Bakri, M.Si. , Plh. Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Bapak Rachmat Hidayat, S.Sos dan Para Narasumber kegiatan Webinar.

Dalam sambutannya Ibu Elissa menyampaikan bahwa dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, marilah kita meneguhkan persatuan dan kesatuan bangsa segenap pengurus, anggota dan kader PKK baik ditingkat Provinsi dan tingkat Kota / Kabupaten Administrasi. Kini saatnya kita berdiri bersama, bergandengan tangan, dan mari kita gelorakan motto “Jakarta Tangguh”, yang melambangkan perjuangan kota Jakarta melawan virus Covid-19. Dalam melawan Virus Covid-19, dibutuhkan semangat persatuan, kesatuan dan gotong royong yang senantiasa tercermin pada setiap langkah kehidupan kita, karena hal tersebut merupakan implementasi dan pengamalan dari nilai-nilai luhur 6 Pancasila yang merupakan ideologi dan dasar negara yang telah dirumuskan para Pendiri Bangsa.

Seluruh pengurus, anggota dan kader TP PKK Provinsi dan Kota Administrasi, agar dapat memberikan ketauladanan bagi keluarga lainnya, terutama dalam melakukan pendidikan, pembinaan dan pengawasan kepada putra dan putrinya, agar dapat diarahkan kepada kegiatan yang lebih bermanfaat dan saling membantu diantara sesama khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, selaku orang tua juga tetap harus mengingatkan dan memperhatikan putra dan putri kita dalam disiplin penggunaan teknologi yaitu Gawai / Gadget / Handphone agar digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan produktif. Jangan sampai putra dan putri kita terjerumus ke hal-hal yang negatif atau memiliki pemahaman/ideologi lain selain Pancasila.

Ragkaian kegiatan adalah penyampaian materi oleh narasumber Ibu Maya Reninta P. M. Si, tentang “Peningkatan Pemahaman terhadap Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Tim Penggerak PKK”.  Untuk meningkatkan Wawasan kebangsaan, dengan “4 pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Dhanang Sasongko S.Psi tentang “Pembentukan Keluarga yang  memiliki Karakter Wawasan Kebangsaan”. Kegiatan secara e-learning ini dipandu oleh pembawa acara Dian Mariyana dan moderator Dr.Hernalom Gultom dari Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta. Kader PKK harus berperan aktif menyampaikan tentang wawasan kebangsaan yang merupakan cermin kepribadian berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan yg mempunyai rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air sehingga menyebabkan rasa nasionalisme yg tinggi dalam segala aspek kehidupan.

“Pemantapan Wawasan kebangsaan dimulai dari Keluarga”

(Pokja I/SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *