Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Kader PKK Ditengah Pandemi Covid 19

Webinar Wawasan Kebangsaan Bagi Tim Penggerak PKK yang berkolaborasi dengan Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta serta DPPAPP Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan pelatihan angkatan pertama dibuka oleh Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Ibu Fery Farhati secara tatap layar. Kegiatan ini diselenggarakan dalam suasanan PSBB di tengah pandemi Covid 19.

kegiatan secara tatap layar ini membuktikan bahwa Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta menyadari betul akan peran dan fungsi kehadirannya ditengah-tengah keluarga dan masyarakat Ibu kota yang sangat majemuk.

Adapun Tujuan dari Kegiatan adalah untuk menguatkan kesadaran untuk membangun Pertahanan Nasional Indonesia, mencintai dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi, memantapkan keyakinan akan kebenaran Falsafah Pancasila, bahwa NKRI satu-satunya bentuk negara yang tepat untuk negara kepulauan dan merupakan pilihan untuk hidup bersama yang saling menghargai  dalam keberagaman dan pembentukan Kader PKBN.  Materi yang disampaikan oleh para Narasumber yang ahli dibidangnya memberikan banyak ilmu yang bisa diberikan kepada kader-kader diwilayahnya. Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menguatkan karakter kader dan anggota TP PKK untuk membangun jiwa yang tangguh dan berkarakter Wawasan Kebangsaan, membentuk Keluarga Sakinah ditengah pandemi Covid 19 serta Peran PKK dalam Mencegah dan Menanggulangi penggunaan Zat Adiktif dan Psikotropika Guna Mewujudkan Ketahanan Keluarga.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan angkatan pertama secara tatap layar, 30 Juli 2020, diikuti peserta 100 orang, pembukaan dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Ibu Fery Farhati, dilanjutkan dengan narasumber Marsudi Sarwono,SH. M.SI Direktur Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan BPIP RI menyampaikan tentang Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menguatkan Karakter kader dan TP PKKdi Tengah Pandemi Covid 19, narasumber Dinas PPAPP DKI Provinsi DKI Jakarta Tuti Kusumawati tentang Peran dan Fungsi Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Keluarga di Tengah Pandemi Covid 19, narasumber Dr. Robi Nurhadi, M. SI Anggota Pokja PPWK Prov DKI Jakarta tentang Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi TP PKK dimasa pandemi Covid 19, Narasumber Nieke Masruchiysh Anggota FKPT Prov DKI Jakarta tentang Keterlibatan Perempuan dan Anak dalam aksi terorisme serta cara pencegahannya. Angkatan 2 (19 Agst 2020), diikuti peserta 123 orang, angkatan 3 (17 Sep 2020), diikuti peserta 125 orang, angkatan 4 (22 Okt 2020), diikuti peserta 125 orang, angkatan 5 (19 Nop 2020), diikuti peserta 125 orang, angkatan 6 (17 Des 2020), diikuti peserta 125 orang. Wakil Ketua I Tim Pengerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibu Ellisa Sumarlin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinginya bagi dukungan seluruh pihak yang telah melaksanakan dan mengikuti kegiatan Webinar ini yang dimulai dari bulan Juli sampai Desember 2020, dengan 6 (enam) angkatan Kader PKK dari 5 Wilayah Kota dan Kabupaten se Provinsi DKI Jakarta, jumlah peserta sekitar 600 orang yang telah dilatih untuk menjadi kader PKBN di Provinsi DKI Jakarta, semoga pelatihan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan kader PKK, demikian disampaikan oleh Ellisa Sumarlin saat sambutan menutup acara pelatihan Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi kader pkk ditengah pandemi Covid 19.

(PI/DM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *