Pelatihan Pengelolaan Program PKK Bagi Sekretaris Dan Bendahara TP PKK Se DKI Jakarta

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Program bagi Sekretaris dan Bendahara TP PKK Se DKI Jakarta dilaksanakan secara tatap layar 3-5 Nov 2020, dimana acara pembukaan kegiatan Pelatihan bagi Tim Penggerak PKK se-DKI Jakarta yang telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 5 Okt 2020 secara tatap layar.

Sesuai Hasil Rakerdalub PKK Tahun 2019, Visi TP PKK Provinsi DKI Jakarta adalah terciptanya Ekosistem keluarga Bahagia demi terwujudnya Jakarta yang maju, lestari dan berbudaya. Program PKK DKI Jakarta, terdiri dari Program Pemberdayaan keluarga yang merupakan rancangan program yang merupakan jabaran 10 Program Pokok PKK, Program Unggulan yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan dasar dari individu/keluarga/masyarakat dan Program Kemitraan yang merupakan rancangan program yang diselenggarakan secara terpadu untuk mendukung tercapainya Visi-Misi Pemerintah.

Materi tentang Sinergitas Tim Penggerak PKK dan Pengelola RPTRA dalam mewujudkan Visi dan Misi Tim Penggerak PKK Prov. DKI Jakarta disampaikan oleh Narasumber dari Tim Penggerak PKK Prov DKI Jakarta yang terdiri dari Arijati Azhari, Kelik Myarto dan Djumadi.

Sinergitas pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dilaksanakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 123 Tahun 2017, sebagai Laboratorium PKK yaitu pusat kegiatan interaksi warga, layanan kegiatan, pembelajaran, pelatiham, pengembangan, rujukan poktan dan data, dimana disetiap RPTRA ada enam orang pengelola RPTRA yang juga sebagai Kader Umum PKK yang salah satu tugas adalah menjaga prasarana dan sarana RPTRA, memberikan pelatihan,penyuluhan, sosialisasi, pendampingan dan memfasilitasi kegiatan lintas sektor dan melaporkan secara rutin pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada Pengurus RPTRA tingkat kelurahan, yang diketuai oleh Lurah.

Materi tentang Administrasi Keuangan disampaikan oleh Bendahara Sri Irianti, tentang meningkatkan Tertib Administrasi Keuangan, dan materi tentang Program Administrasi PKK disampaikan oleh para Sekretaris yaitu Chairunisyah Nst., Prasti Amayanti dan Sumartono. Dalam materi Administrasi PKK, disampaikan tentang Kelembagaan PKK disetiap jenjang harus

terbentuk. Agar peran dan fungsi Tim Penggerak PKK disetiap jenjang dapat melaksanakan kegiatan masing-masing dengan capaian yang terukur. Data untuk pelaporan akan menjadi sumber rujukan dalam penelitian, pengembangan kebijakan, perencananan program dan pengambilan keputusan. Pelaporan adalah menunjukkan hasil kinerja dan kegiatan setiap tahun dari Tim Penggerak PKK disemua jenjang. Untuk pengarsipan semua hasil kegiatan dapat diarsipkan sesuai pedoman, dicatat dalam daftar inventaris dokumen atau barang untuk dapat disajikan kembali jika diperlukan.

Rencana Tindak Lanjut pelaksanaan hasil pelatihan juga diberikan, untuk dapat dipergunakan oleh Tim Penggerak PKK meneruskan infoemasi dan melaksanakan pembinaan secara berjenjang sampai kepada kelompok PKK RW, RT,Dasawisma dab Poktan-poktan PKK.

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *