Pelatihan MoT Pendataan Keluarga Tahun 2021

Pelatihan Aplikasi Carik Jakarta dilaksanakan secara tatap layar (5-7 Mei 2021) untuk tahap pertama MOT terdiri dari 5 angkatan dengan peserta masing-masing 30 orang. Angkatan 1 dengan peserta Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta dan  angkatan 2 – 5 dengan peserta Pengurus Tim Penggerak PKK Kota/Kabupaten. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Pendataan Keluarga Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, UPT Pusdatin PPAPP Provinsi DKI Jakarta, hal ini diperkuat dengan adanya dukungan Intruksi Gubernur nomor 15 Tahun 2021. Dalam Pelaksanaan kegiatan peserta diberi buku saku dan materi pelatihan dapat diunduh di website carikjakarta.go id untuk terlebih dahulu dipelajari.

Aplikasi “Carik Jakarta” (selanjutnya disebut sebagai “Carik Jakarta’’) merupakan sistem mobile untuk pengumpulan data penduduk, keluarga, rumah tangga, dan bangunan yang ada di Provinsi DKI Jakarta oleh kader Dasawisma. Aplikasi ini dikembangkan oleh Tim Pusdatin Keluarga Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta yang bermitra dengan TP PKK Provinsi DKI Jakarta. Sebagai sebuah sistem mobile, Carik Jakarta dapat diunduh dan di-install di telepon selular yang memiliki sistem minimum android versi 6.

Instrumen Carik Jakarta Aplikasi Carik Jakarta terdiri dari 5 (lima) instrumen, yaitu:

  1. Instrumen Kelompok, berisikan pertanyaan terkait fasilitas umum dan hal-hal yang berada di lingkup kelompok dasawisma. Buku Saku Pengisian Carik Jakarta untuk Kader Dasawisma – Pendataan Anggota Keluarga
  2. Instrumen Bangunan, berisikan pertanyaan terkait jenis-jenis bangunan (termasuk bangunan untuk perkantoran, bangunan tempat tinggal, bangunan tempat usaha, dan lainnya) yang terdapat di sekitar tempat tinggal anggota rumah tangga maupun keluarga yang didata.
  3. Instrumen Rumah Tangga, berisikan pertanyaan detail terutama terkait bangunan yang ditempati/dikuasai lanjutan dari instrumen bangunan.
  4. Instrumen Keluarga, berisikan pertanyaan yang menyangkut satu kesatuan keluarga dalam rumah tangga yang sedang didata; dan
  5. Instrumen Individu, berisikan pertanyaan terkait masing-masing individu/anggota rumah tangga dalam sebuah rumah tangga yang didata.

Aplikasi Carik Mandiri

Salah satu pengembangan pendataan keluarga yaitu dengan membuat Aplikasi dalam masa pandemi yaitu “Apliaksi Carik Mandiri“, aplikasi ini dibuat untuk merespon kegiatan saat pandemi dengan pembatasan kegiatan diluar rumah dan sesuai protokol kesehatan. Dengan aplikasi Carik Mandiri ini, warga dapat menginput data secara mandiri, dengan mengisi link yang diberikan oleh kader Dasawisma kepada warga yang dalam kondisi tertentu tidak mungkin dilakukan pendataan oleh kader Dasawisma. Untuk Update data dilakukan setahun 2 kali, dimana data harus terisi dengan baik oleh Kader Dasawisma yang bertugas dan jika ada kebutuhan data yang perlu diupdate bisa dilakukan update data.

Untuk pengisian Aplikasi Carik Mandiri, tidak bisa diberikan begitu saja kepada warga untuk input, disini fungsi dan tugas kader Kader Dasawisma PKK adalah untuk mendata, menggerakkan dan menyampaikan informasi kepada warga.

Kami siap didata dan mendata

 

(Skr/PA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *