Pelatihan Kudapan Sehat bagi Kader PKK

Dalam situasi pandemi Covid – 19, namun Kader PKK tetap aktif, kreatif dan inovatif dalam upaya mengisi aktivitas di rumah selama masa pandemi. Kegiatan Pelatihan Kudapan Sehat bagi kader PKK yang dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program kegiatan hasil semiloka Tim penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021, bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta,dilaksanakan secara tatap layar dan acara pembukaan dapat diikuti melalui youtube tppkkjakarta (12 Agst 2021).

Peningkatan SDM Kader PKK terus dilakukan, salah satu dengan program Pelatihan kudapan sehat. Kader PKK akan melakukan inovasi dan mengembangkan kemampuan dalam mengolah makanan yang berkualitas tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan/asupan makanan yang Beragam, Bergizi, Seimbang, Aman (B2SA) bagi anggota keluarga.Makanan selingan disebut juga dengan kudapan atau makanan ringan atau cemilan, pada umumnya banyak mengandung tepung, pemberi rasa, warna dan aroma.

Kudapan yang berkualitas baik, sehat, bergizi dan kekinian harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu: terbuat dari bahan-bahan yang murah dan mudah diperoleh, bernilai gizi tinggi, aman dikonsumsi dan melalui tahapan proses pembuatan yang cukup sederhana serta berasal dari bahan pangan lokal/tradisional Indonesia, dengan memanfaatkan hasil pekarangan atau kebun sendiri yang kaya akan serat dan gizi seimbang.

Para Narasumber menyampaikan bagaimana kita bisa membuat kudapan dengan mempraktekan secara mudah, dan bisa mengembangkan sendiri di rumah. Kudapan ini bisa dijadikan model dalam pemberian PMT di Posyandu, sehingga anak-anak kita bisa terbebas dari makanan/jajanan yang kurang sehat bagi tumbuh kembang anak.

Kudapan sehat, hasilnya akan berdampak bagi kehidupan masyarakat Jakarta agar lebih sehat dan sejahtera.

 

 

 

(Pokja III/EP/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *