Pelatihan Dan Pembinaan Kelas Berkebun Tahun 2021

Pembukaan Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Kelas berkebun dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta tahun 2021 (9 Juni 2021) dilaksanakan secara tatap layar. Kegiatan ini merupakan program hasil semiloka Tim penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19 berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan diikuti oleh 1320 peserta dari 44 Kecamatan di 132 lokasi Urban farming di DKI Jakarta.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibu Fery Farhati  menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat, pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam Pemanfaatan Tanah Pekarangan dan meningkatkan program HATINYA PKK untuk membantu mengatasi masalah pangan. Dengan kegiatan ini diharapkan akan terbentuknya poktan Hatinya PKK disetiap RW di DKI Jakarta.

Kader PKK harus berperan aktif mengajak masyarakat untuk melakukan urban farming dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan. Melalui HATINYA (Halaman Asri Indah dan Nyaman) PKK, kegiatan ini harus terus ditingkatkan dan berkelanjutan, sehingga pemanfaatannya dapat berdaya, berguna dan berdampak bagi masyarakat di sekitarnya.

Kegiatan Kelas Berkebun merupakan sarana belajar bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan urban farming tetapi belum memiliki pengalaman, dengan kegiatan ini diharapkan peserta mendapatkan pelatihan dan pendampingan pelaksanaan kegiatan tersebut.

 “Jika Jakarta hijau dan bisa panen bersama itu adalah sangat istimewa”,demikian disampaikan oleh Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta diakhir sambutannya.

 Kegiatan webinar kelas berkebun juga dapat diikuti melalui youtube go Jakfarm DKI Jakarta.

 

(Pokja III/EP/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *