Orientasi Carik Jakarta bagi Kader Dasawisma PKK

Kegiatan Orientasi Carik Jakarta bagi Kader Dasawisma PKK se Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan secara tatap layar, diikuti oleh Kader PKK se-DKI Jakarta (25 Sep 2020).

Hadir Kepala Dinas PPAPP, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPBD Provinsi DKI Jakarta, para Walikota, Bupati Adm Prov DKI Jakarta, para Lurah, Tim Penggerak PKK PKK Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, kelompok PKK RW, RT dan Kader Dasawisma se-DKI Jakarta. Data di aplikaksi Carik Jakarta akan diambil data yang komorbid dan lansia untuk digunakan distribusi masker. Kegiatan hari ini diikuti oleh kader PKK melalui zoom 500 orang peserta dan live streaming  sekitar 23406  orang, demikian disampaikan oleh Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Tuty Kusumawaty.

Ketua Tim Penggerak PKK Prov DKI Jakarta, Ibu Fery Farhati membuka acara dan menyampaikan arahan agar kader PKK tetap disiplin untuk melaksanakan PSBB di DKI Jakarta sampai dengan 11 Okt 2020, peran sebagai Kader Dasawisma sangat penting, karena mengetahui peran dari keluarga langsung, karena ibu bapak mengenal dan tahu betul kondisi lingkungan yang didata, informsi yang terkumpul menjadi data yang akurat. Data digunakan oleh Pemprov untuk membuat kebijakan. Data dari Kader Dasawisma yang di input diaplikasi Carik Jakarta sudah sangat membantu untuk dilakukan perubahan bagi mereka, yang dilakukan Kader PKK adalah bukan hanya mendata , tetapi membantu merubah kondisi keluarga. Keluarga adalah sasaran dari program PKK kita, kegiatan sosialisasi 3M lakukan dimulai dari keluarga, disini peran kader Dasawisma PKK dalam menyampaikan informasi sangat diperlukan. Peran kader PKK tidak hanya menyampaikan informasi dan mendata tetapi mempunyai dampak perubahan bagi keluarga keluarga di Jakarta. Semua yang dilakukan mempunyai nilai yang luar biasa, akan menjadi amal ibadah kita, karena kita diberi kepercayaan dari warga. Terima kasih kepada Kader Dasawisma yang terus bergerak membantu keluarga di Jakarta, dimana yang kita lakukan adalah merupakan bukti kecintaan kita kepada keluarga.

Kepala Dinas Kesehatan Prov DKI Jakarta, menyampaikan tentang kondisi DKI masih belum aman, perlu pemberdayaan dari masyarakat untuk membantu pencegahan Virus Covid 19, dan Jika Kader PKK menemukan ada warga yg positip bisa bantu saling kordinasi kepada RT,RW, Puskesmas setempat. Semoga Kader PKK tetap ada kolaborasi yg semakin baik dengan masyarakat di DKI Jakarta.

Seketaris TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibu Ratna Ningsih, menyampaikan materi tentang program Revitalisasi Manajemen Kelembagaan,Program dan Administrasi PKK bagi kader Dasawisma PKK.  Penjelasan tentang pembentukan dan tupoksi Dasawisma, juga untuk distribusi masker yang kami terima dari BPBD provinsi DKI Jakarta, akan dibagikan kepada lansia dan komorbid dengan menggunakan data dari aplikasi Carik Jakarta.

(Skr/PA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *