Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta

 

BIODATA :

Nama : Fery Farhati
Tempat Lahir : Kuningan
Tanggal Lahir : 06 Agustus
Alamat : Jl. Taman Surapati No 7, Menteng, Jakarta Pusat
PENDIDIKAN :
SD : SD Negeri V Kuningan
SMP : SMP Negeri I Kuningan
SMA : SMA Negeri I Kuningan
Perguruan Tinggi : 1. Universitas : Universitas Gajah Mada (UGM)
Jurusan : Psikologi
2. Universitas : Northern Illinois University
Jurusan : Applied Family and Child Studies (AFCS) Departement of Family, Consumer & Nutrition Sciences
Anak : : 1. Nama : Mutiara Annisa Baswedan
Pendidikan Terakhir : Fakultas Hukum Universitas Indonesia
2. Nama : Mikail Azizi Baswedan
Pendidikan Terakhir : Muwci (Mahindra United World College of India)
3. Nama : Kaisar Hakam Baswedan
Pendidikan Terakhir : Madrasah Pembangunan UIN Jakarta
4. Nama Ismail Hakim Baswedan
Pendidikan Terakhir Sekolah Cikal Cilandak

PENGHARGAAN YANG DIDAPAT :

1. Best Woman Empowerment  –  Obsession Awards (2020)
2. Inspiring Muslimah                 –  Scarft Media (2018)
3. Mahasiswa Teladan                –  Family, Consumer, and Nutrition Science (FCNS),  Applied Family & Child Study (AFCS),                                                              Northern IllinoisUniversity, USA (2004)
4. Penerima Beasiswa                 –  Philanthropic Educational Organization Scholarship (2002)
5. Penerima Beasiswa                 –  Indonesian Cultural Foundation Scholarship (2002)

PENGALAMAN ORGANISASI :

1. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi DKI Jakarta  (2018)
2. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta (2018)
3. Ketua Yayasan  Kanker Indonesia (YKI) Provinsi DKI Jakarta (2018)
4. Bunda PAUD DKI Jakarta (2018)
5. Penasihat Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi DKI Jakarta (2018)
6. Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi DKI Jakarta (2018)
7. Pendiri Komunitas Rumah Pencerah (KRP) (2014)

PENGALAMAN BEKERJA :

1. Trainer Guru                               – Lazuardi Next, Jakarta (2007)
2. Trainer Orang tua dan Guru   – Lazuardi Global Islamic School, Cinere (2006)
3. Tenaga Magang                         – Community Coordinated Child Care (4C), Dekalb, IL, USA (2003)
4. Asisten Pengajar                       – Family, Consumer, and Nutrition Science (FCNS),  Applied Family & Child Study (AFCS),                                                         Northern IllinoisUniversity, USA (2004)

KEGIATAN SOSIAL :

1. Penggagas Ibu Ibukota Awards (2019)
2. Pendiri Komunitas Rumah Pencerah (2014)

 

Tim Penggerak PKK DKI Jakarta mempunyai visi terciptanya ekosistem keluarga bahagia demi terwujudnya Jakarta yang maju, lestari dan berbudaya. Tim Penggerak PKK merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pemberdayaan keluarga dan pembangunan masyarakat, mulai dari tingkat provinsi hingga kelompok dasawisma yang pengelolaanya dari, oleh dan untuk masyarakat. Sasaran utama program PKK adalah individu, keluarga dan lingkungan yang menjadi satu kesatuan utuh dalam kehidupan masyarakat, guna terwujudnya seluruh elemen masyarakat yang lebih berakhlak mulia, sehat, sejahtera, maju dan mandiri. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan heterogenitas budaya maupun etnis masyarakat Jakarta, maka tidak heran jika banyak tantangan dalam upaya-upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga, mulai dari Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), kenakalan remaja, tingginya angka anak putus sekolah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penguatan peran dan fungsi keluarga sangat diperlukan dalam memperkuat iman dan taqwa serta membentuk perilaku hidup yang positif seperti : kejujuran, kedisiplinan, saling menghargai dan bertanggung jawab. Disinilah PKK mempunyai peran penuh melalui pelaksanaan 10 (sepuluh) program pokok PKK dan juga program lain yang diamanatkan oleh kepala daerah terkait pemberdayaan keluarga, perlindungan anak dan pengendalian penduduk melului Gerakan PKK.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengamanatkan bahwa PKK perlu memperkuat gerakan pemberdayaan keluarga, yang lebih menekankan pada pentingnya fungsi-fungsi keluarga sebagai dasar dalam pembangunan karakter bangsa. Pendidikan moral yang dimulai dari rumah oleh orangtua menjadi landasan yang kuat terhadap pembentukan karakter anak sejak usia dini. Sudah menjadi tekad seluruh Kader PKK DKI Jakarta, bahwa Gerakan PKK harus mampu membentuk para orang tua agar lebih kreatif, inovatif dan produktif (berdaya), perlu terus ditingkatkan pengetahuan dan wawasannya. Oleh karena itu, Gerakan PKK harus mampu mendorong para orang tua dalam sebuah keluarga, agar senantiasa berkeinginan untuk terus belajar dan bisa terus menjadi panutan utama dan pertama bagi anak-anaknya.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta saat ini Fery Farhati, juga pemerhati di bidang parenting. Sejalan dengan salah satu fokus dari kegiatan PKK, Fery Farhati ingin menggerakkan setiap orang tua untuk jadi orang tua pembelajar. Dengan memiliki latar belakang ilmu di bidang pendidikan anak dan keluarga, beliau sudah mulai melakukannya sebelum menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta dengan melakukan beberapa aktivitas. Diantaranya dengan aktif mengajak warga sekitar rumah (tetangganya) untuk belajar bersama tentang pola asuh yang baik bagi anak-anak, menggerakan generasi muda untuk mulai belajar parenting, melakukan pembinaan orang tua di beberapa wilayah di Jakarta, Tangerang dan sekitarnya, serta menerbitkan buku parenting melalui komunitasnya. Hal ini menjadi bekal beliau dalam melihat dan merencanakan kegiatan PKK yang bisa berdampak baik untuk kehidupan keluarga-keluarga di Jakarta.

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta memiliki arah kegiatan yang sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini dan juga sejalan dengan program pemerintah. PKK sebagai mitra strategis pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkeinginan untuk memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat dan sejahtera lahir dan batin.

Peran, fungsi dan pengabdian Kader PKK Provinsi DKI Jakarta adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Hal tersebut juga menjadi cita-cita dari pelaksanaan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK, khususnya dalam upaya memperkuat administrasi PKK, program kesehatan masyarakat, program ekonomi produktif keluarga, pembinaan anak dan remaja serta Hatinya PKK. Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta juga bekerjasama dengan sektor swasta, NGO dan LSM dalam mewujudkan harapan tersebut.

Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga erat kaitannya dengan pendidikan dan kesehatan masyarakat. Untuk itu, salah satu fokus kegiatan Fery Farhati beserta para Kader PKK di lapangan adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui pendidikan keluarga dan kualitas derajat kesehatan dengan perbaikan gizi, kesehatan ibu dan anak yang selaras dengan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK. Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta juga berkontribusi dalam mewujudkan keluarga berkualitas melalui berbagai kegiatan di masyarakat. Ketika dilihat dari sudut pandang kelompok kerja, maka kegiatan yang fokus pada pola asuh anak dan remaja, penumbuhan nilai-nilai kebersamaan dan pembentukan perilaku budi pekerti dilaksanakan melalui Pokja I. Pengembangan kapasitas Pendidikan Anak Usia Dini, Bina Keluarga Balita (BKB) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga dikelola oleh Pokja II. Kegiatan yang berkaitan dengan ketahanan pangan, sandang dan tata laksana rumah tangga dilaksanakan melalui Pokja III. Kegiatan yang berkaitan dengan Kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup dilaksanakan melalui Pokja IV. Selain itu, TP PKK DKI Jakarta melaksanakan kegiatan pendataan keluarga oleh kader Dasawisma PKK, melalui aplikasi Carik Jakarta. Kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan potensi RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak), yaitu dengan program PKT (Pengembangan Kewirausahaan Terpadu) dan melaksanakan program PPB (Pendistribusian Pangan Bersubsidi) di RPTRA DKI Jakarta.

Upaya-upaya pembentukan keluarga ideal tersebut dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, yang bekerjasama dengan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) di Provinsi DKI Jakarta. Kemitraan yang strategis dari berbagai pihak diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam mempercepat terwujudnya Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya, yang menjadi harapan bersama dari seluruh lapisan masyarakat Jakarta.