Kelurahan Klender Punya RPTRA

Dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur dihadiri secara tatap layar oleh Wakil Ketua I/Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Prov. DKI Jakarta, Ibu Ellisa Sumarlin (16 Juni 2021).  Terimakasih atas kerjasama Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta bersama SKPD/UKPD dan bantuan dari Hanwha Life dan juga Wahana Visi Indonesia. Pembangunan RPTRA yang merupakan laboratorium PKK sebagai wujud dari Kota Layak Anak. RPTRA akan dilengkapai sarana untuk kegiatan masyarakat indoor maupun outdoor. Keberadaan RPTRA sangat dibutuhkan, terlebih lagi di lingkungan padat penduduk. RPTRA diharapkan dapat dijadika pusat pembelajaran, pelatihan, pemgembangan dan rujukan dari kelompok kegiatan (Poktan) PKK dalam implementasi pelaksanaan 10 program Pokok PKK.

Peletakan batu pertama pembangunan RPTRA yang berlokasi di JL. Dermaga Raya No. 27A Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Kota Administrasi Jakarta Timur, dilakukan oleh Walikota Kota Adm. Jakarta Timur M. Anwar. Pembangunan RPTRA ini diatas lahan milik  Pemprov DKI Jakarta yang KPI nya berada di Dinas PPAPP dengan luas lahan mencapai 1011 m2. Pembangunan RPTRA Klender ini pemerintah DKI Jakarta bekerjasama dengan CSR dari Hanwha Life dan Wahana Visi Indonesia.

Sarana prasarana yang tersedia di RPTRA sesuai dengan standar yang sudah baku seperti area indoor ada ruang laktas, ruang PKK Gross Mart, perpustakaan, toilet umum dan toilet difabel, paintry, gudang dan ruang pengelola. Area outdoor terdiri atas lapangan olahraga, jalur jogging track, jalur refleksi, alat permainan edukatif luar ruang anak seperti ayunan, jungkat jungkit atau perosotan, taman HATINYA PKK, taman Toga, kolam gizi, amphi teater dan aula terbuka serta untuk pengelolaan RPTRA sesuai Pergub 123 Tahun 2017.

 

 

(Poksus/M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *