Kegiatan Gebrak Masker PKK Pusat di DKI Jakarta

Ketua Umum Tim Penggerak PKK Ibu Tri Tito Karnavian, (24 Agustus 2020), melaksanakan kegiatan Gerakan Bersama Memakai Masker (GebrakMasker) se-DKI Jakarta di wilyah Jakarta Pusat. Sesuai arahan Presiden RI, melalui Media Sosial Facebook Persiden Joko Widodo dan kanal youtube Sekretariat Presiden tanggal 3 Agustus 2020, bahwa Sosialisasi Protokol Kesehatan kurang Intensif, “Saya berharap ibu-ibu PKK juga dilibatkan dalam Sosialisasi Protokol Kesehatan”. PKK ini sangat efektif door to door urusan perubahan perilaku. Juga lakukan komunikasi di TV, medsos, dan lain lain secara massif 2 minggu ini; disebabkan masih banyaknya masyarakat yang tidak pakai masker dan tidak jaga jarak, memakai masker tidak jaga jarak dan rendahnya kesadaran cuci tangan.

Kader PKK berperan penting di masyarakat, PKK sebagai pelopor perubahan perilaku ditingkat keluarga, salah satu peran penting Kader PKK adalah berupa aktif kegiatan PKK #Gebrakmasker (Gerakan Bersama Memakai Masker) dan sosialisasi memakai Masker untuk mengurangi penularan Covid-19, demikian disampaikan oleh Ketua Umum Tim Penggerak PKK Ibu Tri Tito Karnavian, bersama Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Ibu Fery Farhati, saat mengunjungi kegiatan Gebrak Masker di wilayah Rusun Karet Tengsin, Kota Adm. Jakarta Pusat, untuk memberikan masker dan bantuan sosial langsung untuk  warga.

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, berperan aktif dalam program pencegahan pandemi Virus Covid-19 yang sedang melanda di Provinsi DKI Jakarta.  Potensi Kader PKK, mulai dari Tim Penggerakk PKK Provinsi sampai kepada Kader Dasawisma, dapat dengan cepat untuk menyampaikan pesan-pesan dan himbauan Pemerintah secara langsung ke masyarakat.  Kegiatan berupa pembinaan, sosialisasi, evaluasi, pelaporan dan memberikan masker langsung ke masyarakat, merupakan kegiatan nyata untuk meningkatkan kesehatan masyarakat disaat pandemi Covid-19.  Kader PKK secara rutin melakukan edukasi penerapan perilaku 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak) kepada seluruh masyarakat secara langsung dari pintu ke pintu, agar masyarakat disiplin dalam menggunakan masker dengan cara yang benar, untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 di lingkungan keluarga dan masyarakat.

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *