Kader Dasawisma PKK DKI; Data Warga Arus Mudik dan Balik

Dalam rangka pelaksanaan Instruksi Gubernur Nomor 33 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Mobilitas Penduduk Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M. Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, menggerakkan Kader PKK dan Kader Dasawisma untuk mendata penduduk/warga yang melaksanakan perjalanan dalam negeri selama libur Hari Raya Idul Fitri.

Pendatan dilakukan oleh Kader PKK dan Kader Dasawisma dengan menggunakan Aplikasi Carik Jakarta. Pendataan dilaksanakan mulai tanggal 18 – 19 Mei 2021 dan pelaporan dengan input melalui website carik.jakarta.go.id/kelompok dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan tanggal 20-21 Mei 2021. Data yang dilaporkan adalah Jumlah Individu Mudik dan Jumlah Individu Balik ke Jakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan dengan menugaskan Kader Dasawsisma untuk mendata dan berkoordinasi dengan Ketua RT/RW dan Lurah selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kelurahan. Rumah warga yang mudik akan didata dan dilaporkan kepada Ketua RT untuk diberi stiker untuk isolasi mandiri, jika warga setelah balik tidak mempunyai hasil test negative Covid-19, akan dikordinasikan dengan Puskesmas untuk dilakukan test.

Dengan Gerakan ini diharapkan peran PKK dapat berdaya, berkarya dan berdampak bagi masyarakat untuk pencegahan peyebaran Virus Covid-19 di DKI Jakarta pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tetap disiplin terapkan protokol Kesehatan.

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *