Hari Keluarga Nasional ke XXVI Tahun 2019

Peringatan Harganas untuk tahun 2019 ini dilaksanakan (4-6 Juli 2019) di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Tema peringatan Harganas XXVI Tahun 2019 ini adalah “Hari Keluarga: Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”.

Melalui tema dan tagline tersebut diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga. Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera. Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni. Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional XXVI 2019 erat kaitannya dengan penerapan empat pendekatan Ketahanan Keluarga, diantaranya Keluarga Berkumpul ,Keluarga Berinteraksi, Keluarga Berdaya , serta Keluarga Peduli dan Berbagi. Dalam penyelenggaraan rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019 ini, telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan sebagai berikut:

  • Pameran dan Gelar Dagang
  • Penyerahan Penghargaan Kesatuan Gerak PKK KB Kes
  • Penyematan Tanda Kehormatan dan Tanda Penghargaan Bidang KKBPK Tahun 2019

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta turut hadir mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Harganas ke XXVI tahun 2019 ini untuk meningkatkan kinerja PKK dapat meningkatkan sinergitas dalam mendukung keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Prestasi yang diperoleh dalam rangka Harganas ke XXVI adalah :

  1. Pakarti Utama I, Pelaksana terbaik PKK KKBPK Kesehatan Kategori Kota, diperoleh Provinsi DKI Jakarta, Kota Adm. Jakarta Barat, Kelurahan Kembangan, Kecamatan Kembangan Utara.
  2. Pakarti Utama Pelaksana Terbaik Posyandu Kategori Kota, diperoleh Provinsi DKI Jakarta, Kota Adm. Jakarta Pusat, Kecamatan Cempaka Putih, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Posyandu Cempaka III.

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *