Gubernur DKI Membuka Pelatihan Program PKK Bagi TP PKK Se-DKI Jakarta

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta melaksanakan program peningkatan kapasitas SDM Kader PKK dengan mengadakan Pelatihan Pengelolaan Program bagi TP PKK Se DKI Jakarta dilaksanakan (5 Okt 2020) secara tatap layar. Kegiatan Pelatihan Program bagi Tim Penggerak PKK se-DKI Jakarta dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, dihadiri para Walikota, Bupati dan Kepala Dinas PPAPP, dan UKPD/ Dinas Provinsi DKI Jakarta. Tujuan kegiatan pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan dan peran Kader PKK, untuk dapat mendukung pelaksanaan program pemerintah, dengan peserta adalah Tim Penggerak PKK se-DKI Jakarta sekitar 3224 orang, dan dapat diikuti melalui kanal media sosial, live streaming di youtube dppapp dan pkkjakarta diikuti sekitar 46946 orang, demikian disampaikan oleh Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Tuty Kusumawati.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga kegiatan hari ini secara virtual acara pengelolaan program PKK dapat terlaksana dengan baik.  Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk meningkatan kapasitas SDM Kader PKK dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK, sesuai hasil Rakerdalub PKK Tahun 2019 yang telah diperkuat dengan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 791 Tahun 2019 tentang Pengesahan Hasil rakerdalub PKK tentang Kelembagaan, Program dan Administrasi PKK.

Saya berharap seluruh Tim penggerak PKK dapat memberikan contoh disiplin 3M kepada masyarakat. Tiga hal penting yang harus dilakukan oleh Tim Penggerak PKK disemua jenjang dalam pelatihan ini adalah:

  1. Membentuk kelompok kegiatan (Poktan) PKK diseluruh RW sasaran
  2. Persiapan untuk pelaksanaa program Bagimu Posyandu
  3. Meningkatkan kolaborasi Tim Penggerak PKK dengan Pengelola RPTRA

Ketiga hal ini kita persiapkan bersama mulai hari ini, besar harapan saya seluruh Tim Penggerak PKK se-DKI Jakarta dapat mengikuti kegiatan ini hingga tuntas. Kita gunakan kegiatan ini untuk belajar, saling bersilaturahmi serta bertukar pikiran, untuk kemajuan PKK DKI Jakarta. Seluruh kader PKK adalah pembelajar yang terus mau belajar mau terus memperbarui pengetahuannnya untuk pembangunan masyarakat khususnya keluarga – keluarga di Jakarta. Diakhir sambutan Ibu Fery menutup dengan pantun:

Bawa selasih jangan dibuang
Bawa dengan belewah dan bengkuang
Terima kasih dan selamat berjuang,
Semoga ilmunya berkah dan bermanfaat

Sambutan Gubernur DKI Jakarta, diawali dengan 2 buah Pantun

Jaman sekarang perlu waspada corona, Bersama semuanya saling ikut menjaga
Selalu senang bersapa dengan pkk, Melihat semangatnya bikin hati gembira

Jalan jalan Beli semangka sekalian keliling kota, Luar biasa kita punya pkk, selalu aktif demi Jakarta

Saya ingatkan untuk terus ingatkan disiplin 3M memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,untuk bersama memotong rantai penularan covid-19 di Jakarta.

Terkait dengan pelatihan ini, PKK harus tetap menjaga semangat, karena energi yang diperlukan tidak sedikit. Menggerakkan masyarakat membutuhkan komunikasi dengan cara mengajak, gunakan komunikaksi secara sopan, bisa menggerakkan tanpa terpaksa atau diharuskan, karena budaya kita adalah komunikasi dengan cara yang halus sopan dan santun.

Kita harus belajar terus, tidak ada proses belajar yang berhenti. Diharapkan dengan proses belajar ini dapat membekali semua Tim Penggerak PKK untuk makin effektif menggerakkan lingkungannya. PKK harus menjadi contoh, karena PKK merupakan kebanggan, agar ibu ibu terus menjaga keteladan, teruslah menjadi contoh di wilayah tempat tinggal ibu.

Gerakan PKK kadang tidak terlihat, PKK harus menjadi penggerak yang efektif, dalam suasana krisis, kita bisa bersama untuk bisa menjaga stabilitas ekonomi untuk dapat menggerakkan masyarakat.

Rangakain acara dipandu oleh Riszky Hamid dari DPPAPP dan Chairunisyah Nst, dari TP PKK Prov DKI Jakarta, dilanjutkan dengan membacakan Tata tertib pelatihan oleh Prasti Amayanti dan panduan pengisian form daftar hadir disampaikan oleh Ehat Solehat .

(Skr/PA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *