Gerakan Bersama Pakai Masker PKK

#GebrakMasker..!!

Gerakan Bersama Memakai Masker, dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat Ketua Umum Tim Penggerak PKK Nomor 26/Skr/Pkk Pst/VIII/2020 Tertanggal 11 Agustus 2020 Perihal Kegiatan PKK#Gebrakmasker (Gerakan Bersama Memakai Masker) Dan Sosialisasi Memakai Masker Untuk Mengurangi Penularan Covid-19.  Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta berperan aktif dalam program pencegahan pandemi Covid 19 yang sedang melanda di Provinsi DKI Jakarta.

Potensi Kader PKK dapat membantu dengan cepat untuk menyampaikan pesan-pesan dan himbauan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah secara langsung dan cepat ke masyarakat.  Kegiatan berupa pembinaan, sosialisasi, evaluasi dan pelaporan secara nyata untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat disaat pandemi Covid 19. Hal ini menjadi dasar bahwa kedudukan PKK berperan penting di masyarakat.  Kader PKK sebagai pelopor perubahan perilaku ditingkat keluarga dimasa pandemi Covid-19, hal ini juga disampaikan oleh Ketua Umum Tim Penggerak PKK Ibu Tri Tito Karnavian, di Jakarta 10 Agustus 2020 pada acara rapat melalui tatap layar yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Kepala BNPB, Gubernur, Bupati,Walikota, Ketua TP PKK Provinsi, Ketua TP PKK Kota/Kabupaten seluruh Indonesia. Dimana untuk mencegah penyebaran pandemi  Covid 19, di lingkungan keluarga dan masyarakat dengan mengacu pada kebijakan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Ibu Fery Farhati melaporkan maksud dan tujuan kegiatan Gebrak Masker ini, agar terinformasinya dan terintegrasinya kebijakan Pemerintah kepada wilayah Kota, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan sampai ketingkat RW, RT melalui Kader PKK, terlaksananya program pencegahan Pandemi Covid 19 di Provinsi DKI Jakarta secara terpadu, Sosialisasi oleh Kader PKK sebagai Pelopor Perubahan Perilaku di masa Pandemi Covid 19, serta menurunnya penderita Covid 19 di Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan dilaksanakan disemua jenjang PKK, serta melibatkan Kader PKK dari Kelompok PKK RW, RT dan Dasawisma, melibatkan sebanyak 117.264 orang, dan membagikan masker sebanyak 73.326 masker, untuk kurun waktu  sekitar 2 minggu, mulai tanggal 12 Agustus – 24 Agustus  2020.

Hasil pelaksanaan kegiatan ini dilaporkan secara langsung kepada Ketua Umum Tim Penggerak PKK Ibu Tito Karnavian, untuk memberikan gambaran capaian program dengan data dan hasil yang terukur. Sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dimulai ditingkat keluarga dilakukan secara rutin.  Dalam pelaksanaan kegiatan juga perlu diberikan sanksi sosial sebagai efek jera dan terus dilakukan sosialisasi dalam skala rumah tangga yang dilakukan oleh Kader PKK, sehingga akan menjadi kebiasaan baru.

“Terus terapkan Gebrak Masker dan Sosialisasi 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci tangan)”.

(Skr/PA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *