Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Bagi TP-PKK dan BPMD

Vaksinasi Covid-19 Lindungi Diri, Lindungi Keluarga – Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit

Kegiatan Sosialisasi Vaksinansi Covid-19 bagi Tim Penggerak PKK dan BPMD dilaksanakan oleh Direktorat Promosi kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI secara webinar dan live di media sosial yang diikuti Tim Penggerak PKK regional wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku (9 Feb 2020). Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Ibu Tri Tito Karnavian menyampaikan sangat mendukung kegiatan sosialisasi Vaksinasi Covid-19 bagi Tim Penggerak PKK se-Indonesia yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan. Kegiatan ini merupakan salah satu dari pelaksanaan 10 Program Pokok PKK untuk mendukung pelaksanaan Kesehatan, untuk mendukung ketahanan keluarga dengan mendukung perilaku hidup bersih dan sehat, untuk menciptakan keluarga berkualitas. Kita telah berusaha untuk menerapkan 5M, 3T, pengaturan pembatasan masyarakat, menambah sarana dan vaksinasi. Gerakan PKK adalah Gerakan sosial kemasyarakatan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab dalam permasalahan nasional, terutama saat pandemi Covid-19, maka kader PKK seharusnya paham tentang pentingnya program vaksinasi Covid-19 secara nasional. Sosialisasi harus terus dilakukan kepada masyarakat, dengan adanya sosialisasi hari ini peran Tim Penggerak PKK mempunya peran penting dalam memberikan keyakinan kepada masyarakat. Diharapkan Kader PKK dapat menyampaikan pesan, kepada keluarga masing-masing secara luas, karena keluarga sebagai pengendalian pandemi Covid-19, untuk bergerak bersama melakukan sosialisasi tentang Vaksinasi Covid-19, dengan melakukan aksi nyata melalui kegiatan sosialisasi lanjutan di wilayah masing-masing, apa yang harus dilakukan, dengan melakukan sinergi dengan pemerintah daerah dan semua pihak, agar program lebih efektif.

Narasumber dr. Siti Nadia Tarmidzi M.Epid selaku juru bicara Kementerian Kesehatan RI menyampaikan tentang Kebijakan Vaksinasi Covid-19 sebagai upaya membangun ketahanan keluarga, juga menyampaikan tentang Ketahanan keluarga akan terancam karena pandemi, untuk mengatasi hal tersebut kita bersama dapat melakukan; Jangan panik menghadapi musibah, jalankan arahan dan petunjuk dari pemerintah, keluarga harus berempati menolong dan ikut bertanggung jawab untuk tidak menjadi perantara virus dan penyakit, membangun rasa aman dan nyaman serta terlindungi dari apparan virus dan penyakit, keluarga sebagai kesinambungan generasi harus terjaga dari ancaman yang menurunkan kuantitas Kesehatan, menjaga diri selalu bersih dengan menutup mulut ketika batuk, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun, menanamkan pola hidup yang sehat, peduli pada kebersihan dan kelestarian lingkungan serta membangun semangat gotong royong agar terhindar dari paparan penyakit dan virus.

Narasumber Prof Dr.dr. Iris Rengganis SpPD,KAI sebagai ketua Perhimpunan Alergi Imunologi juga menyampaikan tentang Keamanan vaksin Covid-19 dan manfaatnya bagi tubuh, agar masyarakat dapat melakukan vaksinasi segera, jangan lihat merek vaksinnya, kami berharap kepada Tim Penggerak PKK dapat untuk siap di vaksinasi, sampaikan bahwa vaksin adalah aman, sampaikan informasi yang benar dan semoga kita bisa melewati pandemi ini. Kegiatan ini dipandu oleh moderator dr.Reisa Broto Asmoro, diharapkan materi narasumber ini dapat memberikan bekal kepada Kader PKK untuk menyampaikan tentang vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, terus melakukan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas dan juga terus lakukan sosialisasi tentang program Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

 

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *