Perencanaan Keuangan Keluarga Dalam Masa Pandemi

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta menyambut baik kegiatan Webinar Perencanaan Keuangan Keluarga dalam Masa Pandemi bagi anggota Tim Penggerak PKK DKI Jakarta yang dilaksanakan secara tatap layar pada 9 April 2021 jam 08:00 WIB.  Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Biro Perekonomian Provinsi DKI Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)Regional I DKI Jakarta. Peserta kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom ini sebanyak 100 orang anggota Tim Penggerak PKK DKI Jakarta.

Ibu FeryFarhati, Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta membuka kegiatan ini dan menyampaikan bahwa kita perlu banyak pengetahuan tentang pengelolaan keuangan keluarga, karena banyak dari kita yang terjebak dalam hutang yang menumpuk, karena terbujuk iklan. Misalnya pinjaman online sangat menjamur, akhirnya banyak yang terjebak dalam putaran hutang dengan bunga yang tinggi. Hari ini ibu ibu bias belajar, bertanya kepada para narasumber, kita bias memanfaatkan ilmu dan sebarkan pengetahuan yang kita dapat kepada keluarga,anggota dan warga, sehingga bias berkontribusi dalam perbaikan ekonomi keluarga yang sedang mengalami masalah ekonomi.  Agar keluarga kita menjadi“Keluarga hemat keluarga bahagia’’ dan agar peserta dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Hadir memberikan sambutan Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta Bapak Mochamad Abbas, SE, MSi danDeputi Direktur Informasi,Dokumentasi dan EPK Kantor Regional I OJK DKI Jakarta dan Banten, Bapak F.A Purnama Jaya.

Narasumber pertama dari Kantor Regional I OJK DKI Jakarta dan Banten, Bapak Achmad Zaelani, menjelaskan tugas utama OJK, yaitu ada 3.  Salah satu diantaranya adalah melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Beliau juga menginformasikan bahwa Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) saat inibisa di akses melalui https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Pengaduan.  Namun OJK akan mengembangkan APPK tersebut agar bias masuk di Playstore dan Apple Store. APPK merupakan portal untuk pengaduan keuangan dan untuk mengecek legalitas perusahaan keuangan (Fintech) yang saat ini tumbuh menjamur dengan menawarkan berbagai kemudahan dan tawaran yang menarik. Legalitas Lembaga/perusahaankeuangan bisa juga dicek melalui aplikasi Sikapi Uangmu OJK.

Narasumber kedua bapak Simson IM Sinaga, CFP,AEPP,CPC adalahFinancial Planner.  Beliau menyampaikan tentang perencanaan keuangan disaat pandemic perlu yang harus diperhatikan adalah mengatur keuangan dengan pemasukan dijaga, kelola pengeluaran dan bagaimana mencari jawaban jika terjadi resiko.Kita harus menabung sejakdini, kenali produk tabungan, konsisten dan jangan di satuproduk, karena tabungan akan membantu kita disaat darurat. Dana darurat juga perlu dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan jika ada kejadian yang tidak terduga, minimal 3 bulan biaya hidup dan disimpan di rekening yang terpisah, digunakan jika kondisi darurat. Kita bias mengikuti Piramida keuangan, mulai dari bahan pokok, Proteksi/asuransi,Akumulasi,Ekspansi (bisnis) dan Pewarisan. Asuransi jiwa juga diperlukan, dan bisa menjadi pewarisan.

. “Pemasukan dijaga – Kelola Pengeluaran dan Sisihkan bukan sisakan”

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu dalam membuat perencanaan yang baik dalam mengatasi masalah ekonomi keluarga disaat pandemic untuk mewujudkan “Keluarga hemat keluarga bahagia’’

 

(Skr/PA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *