Cegah Stunting itu penting – Kenali gejala Stunting anak sejak dini

Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, melalui Kelompok Kerja (Pokja IV) melaksanakan pembinaan kepada Kader PKK untuk dapat memyampaikan program kesehatan dan juga pencegahan stunting pada anak yang dilakukan melalui pertemuan secara tatap layar dengan Tim Penggerak PKK Kota/Kabupaten se DKI Jakarta (3 Mar 2021). Beberapa kegiatan yang dilakukan, misalnya dengan memberi edukasi tentang mencegah stunting dengan perbanyak makan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur lokal sejak dalam kandungan. Kemudian diperlukan pula kecukupan gizi remaja perempuan agar ketika dia mengandung ketika dewasa tidak kekurangan gizi dan juga butuh perhatian lingkungan untuk menciptakan sanitasi dan air bersih.

Peran Kader PKK melalui kelompok Dasawisma, yang mempunyai anggota 10-20 rumah,  untuk melakukan edukasi tentang stunting dapat diberikan mulai dari lingkungan keluarga.  Menjaga asupan nutrisi sehat saat hamil merupakan langkah awal sekaligus paling utama yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting pada anak.

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi kronis dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Kekurangan gizi dalam waktu lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak (1000 Hari Pertama Kehidupan).

 Penyebabnya karena rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral, dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani. Faktor ibu dan pola asuh yang kurang baik terutama pada perilaku dan praktik pemberian makan kepada anak juga menjadi penyebab anak stunting apabila ibu tidak memberikan asupan gizi yang cukup dan baik. Ibu yang masa remajanya kurang nutrisi, bahkan di masa kehamilan, dan laktasi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak. Faktor lainnya yang menyebabkan stunting adalah terjadi infeksi pada ibu, kehamilan remaja, gangguan mental pada ibu, jarak kelahiran anak yang pendek, dan hipertensi. Selain itu, rendahnya akses terhadap pelayanan kesehatan termasuk akses sanitasi dan air bersih menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Bagaimana Mencegah Stunting?

  • Penuhi kebutuhan gizi sejak masa kehamilan
  • Berikan ASI Ekslusif sampai usia bayi 6 bulan
  • Dampingi ASI dengan MPASI sehat untuk bayi diatas 6 bulan
  • Pantau tumbuh kembang anak
  • Jaga kebersihan lingkungan

 

(P4/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *