Bertanam Sayuran di Masa Pandemi Covid-19

WHO (World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia) secara resmi mendeklarasikan virus corona (COVID-19) sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020. Artinya, virus corona telah menyebar secara luas di dunia. Bagi sebagian orang yang berisiko tinggi (kelompok lanjut usia dan orang dengan masalah kesehatan menahun, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau diabetes), virus corona dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Karena itu penting bagi kita semua untuk memahami cara mengurangi risiko, dengan mengikuti perkembangan informasi dan tahu apa yang dilakukan bila mengalami gejala. Dengan demikian kita bisa melindungi diri dan orang lain.

Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona saat ini.

Agar imunitas tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, penting untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh antara lain dengan perbanyak makan sayuran dan buah, cukup istirahat, hindari stress, rutin berolah raga dan hindari rokok dan alkohol

Tim penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, melalui Pokja III melakukan sosialisasi kegiatan menanam sayuran dan menjadi salah satu kegiatan produktif yang dapat dilakukan di rumah. Selain menyenangkan, menanam aneka ragam sayuran juga dapat memangkas anggaran untuk belanja. Kita tidak perlu membeli bahan makanan dan cukup memanennya sendiri di rumah. Sayuran yang kita tanam pun lebih sehat karena bebas pestisida.

Kegiatan ini juga efektif, untuk menghilangkan kebosanan selama pandemi Covid-19, dimana kita banyak berkegiatan di rumah. Banyak teknik bertanam yang dapat dilakukan untuk menyiasati keterbatasan lahan, terutama di ibu kota. Sosialisasi Gerakan Halamam Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya PKK) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga dengan mengoptimalkan lahan pekarangan dengan tanaman pangan yang bernilai ekonomis keluarga.

 

(P3/DI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *