Berencana Itu Keren, Keluarga Keren Anti Stunting

Edukasi untuk meningkatkan SDM kader PKK terus dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan DPPAPP Provinsi DKI Jakarta dan Mitra PKK, kegiatan dilaksanakan secara webinar / tatap layar, yang diikuti oleh Kader PKK se-DKI Jakarta (10 Juni 2021). Melalui kegiatan webinar ini mari kita tingkatkan pengetahuan dan wawasan keluarga sehingga setiap keluarga di DKI Jakarta adalah keluarga “Keren” yang Bersama kita berupaya mencegah stunting dari sejak dini, demikian disampaikan oleh Ibu Elissa Sumarlin selaku Wakil Ketua I / Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Provinsi DKI Jakarta.

Pencegahan stunting ini penting dilakukan pada masa emas, yaitu 1000 hari pertama kehidupan, sejak  dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Ini adalah fase periode kritis bagaimana kedepan anak itu bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, cerdas, dan optimal. Keluarga wajib memiliki kesadaran dan pengetahuan yang baik mengenai bagaimana mendapatkan dan memberikan nutrisi pada anak. Nutrisi tidak harus mahal, yang terpenting adalah kualitasnya. Keluarga memiliki peran sangat penting untuk pencegahan dan penanganan masalah stunting, keluarga harus berperan penting mencegah stunting pada setiap fase kehidupan. Kader PKK DKI sebagi unjuk tombak kegiatan PKK, bergerak melalui kader PKK menyampaikan informasi tentang kesehatan dan juga tentang stunting terus disampaikan kepada keluarga.

Pola pengasuhan yang baik, diperlukan juga stimulasi yang dilakukan orang tua pada bayi dan anak. kebersihan dan sanitasi yang baik juga menjadi faktor penting dalam mendukung tumbuh kembang optimal pada anak.  Orangtua harus mampu menerapkan pola pengasuhan yang baik bagi anak-anaknya dan memantau tumbuh kembang anak, sebagai pengasuh dan pendidik pertama dan utama tetapi juga perhatian, kasih sayang dan rasa aman serta ransangan terhadap mental, emosional, sosial dan moral, yang dapat dilakukan dengan BAGIMU (BAhagiakan anak, beri GIzi seimbang dan stiMUlasi anak sesuai kebutuhan).

‘’Berencana itu keren, keluarga keren anti stunting

 

(Pokja IV/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *