Baksos Rapid Test Gratis Dalam Rangka Peringatan Hari Wanita Ke 92

Lindungi diri dan keluarga dengan Rapid Test

Untuk mencegah Penyebaran Pandemi Virus Covid-19, di lingkungan keluarga dan masyarakat dengan mengacu pada kebijakan pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, untuk menuju Masyarakat Sehat, Aman Dan Produktif, TP PKK Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Rapid Test Gratis bagi perempuan yang dilaksanakan di Gedung PKK Melati Jaya (16 Des 2020) .

Tujuan kegiatan ini agar dapat tersampaikannya informasi kebijakan Pemerintah kepada masyarakat diwilayah Kota, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan sampai ketingkat RW, RT melalui Kader PKK, terintegrasinya informasi dan pelaksanaan kegiatan dalam rangka Pencegahan Pandemi Virus Covid-19 disemua jenjang PKK, terlaksananya program pencegahan Pandemi Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta secara terpadu.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta menyambut baik kegiatan Rapid Test Gratis ini.Sosialisasi terus dilakukan oleh Kader PKK disemua jenjang sebagai Pelopor Perubahan Perilaku di masa Pandemi Covid-19, untuk mencegah penularan Covid 19 di Provinsi DKI Jakarta.

Rapid test ini dilakukan untuk mendukung Program Pemerintah dalam Deteksi Dini/Skrining sedini mungkin penularan Covid 19, untuk memutus rantai penularan Positif Covid 19 yang berada di lingkungan keluarga dan masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di wilayah kerja TP PKK Provinsi DKI Jakarta, meliputi 6 wilayah Kota/Kabupaten, berlokaksi di Kantor Walikota/Bupati masing-masing, tanggal 14 Desember – 16 Desember 2020, dengan sasaran dari kegiatan Rapid Test Gratis untuk kaum Perempuan mulai tingkat PKK Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan  dengan fokus sasaran sebanyak 600 (enam ratus) orang yang ada di wilayah Kota/Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta.

Sosialisasi program, ada tantangan besar yang harus dilakukan oleh Kader PKK, yaitu mengubah perilaku masyarakat, dimulai dari keluarga sendiri untuk melakukan PHBS serta serta perilaku kebiasaan sehari hari untuk menerapkan protokol Kesehatan dan melakukan pelaporan diri jika ada keluarga yang mempunyai kontak dengan pasien positip.

Agar pelaksanaan kegiatan dimaksud dapat lebih optimal, maka TP PKK Provinsi DKI Jakarta harus lebih intensif dalam :

  • Meningkatkan pemahaman terutama bidang Kesehatan dalam rangka untuk tercapainya tujuan kegiatan yang terukur dan berkelanjutan
  • Memperkuat kolaborasi dengan semua pihak untuk melakukan secara bersama sama edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol Kesehatan dilingkungan keluarga.
  • Meningkatkan peran Kader PKK untuk melakukan edukasi tentang protokol Kesehatan secara door to door di keluarga binaannya.

Kegiatan ini diharapkan akan mampu untuk pencegahan penularan Covid-19 di DKI Jakarta, serta untuk mendukung kebijakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Program PKK Pusat dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pencegahan Pandemi Virus Covid-19 di Indonesia dan di Jakarta khususnya, demikian disampaikan oleh Fery Farhati, selaku Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta saat membuka acara secara tatap layer yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK se DKI Jakarta.

 

Selamat Hari Ibu ke 92

(Skr/PA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *